Tips & Trik

Cari Tahu Apa Itu Silencer Knalpot Serta Bahan dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 21 Oktober 2021

31824803 S

Jadi apabila Anda menginginkan suara yang tidak terlalu keras, maka bisa menurunkan tingkat DB melalui fitur ini, begitupun sebaliknya.

Bahan-Bahan Dari Silencer Knalpot

Silencer knalpot yang beredar di pasaran terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Selain itu, perbedaan bahan tersebut juga membuat harganya juga bervariasi, tergantung pada bahan yang digunakan. Berikut adalah jenis-jenis silencer yang dibedakan dari bahan pembuatannya.

  • Bahan Stainless dan Aluminium

Hampir setiap bahan yang dipakai dalam pembuatan silencer memiliki jenis suara mirip atau tidak jauh berbeda.

Tetapi dalam hal performa dan bobot tentunya setiap bahan tersebut berbeda-beda. Keunggulan dari penggunaan bahan stainless dan alumunium adalah, harganya yang cukup terjangkau.

Performa kendaraan yang menggunakan knalpot dari jenis bahan Aluminium dan Stainless juga sangat dipengaruhi oleh panjang pendek knalpot. Anda bisa menemukan knalpot jenis ini dengan sangat mudah di pasaran. Bahkan, knalpot standar menggunakan bahan jenis ini untuk silencernya.

  • Bahan Galvanis

Baca Juga : Ini yang Terjadi Saat Mobil Pakai Oli Palsu dalam Jangka Panjang

Galvanis merupakan jenis bahan terbaik dan banyak dipilih jika dibandingkan dengan silencer berbahan stainless.

Hal tersebut dikarenakan bahan galvanis memiliki keunggulan tidak mudah berkarat. Untuk bobotnya, silencer berbahan galvanis juga tidak jauh beda dengan bahan stainless.

Apabila Anda tertarik menggunakan silencer jenis ini, Anda tidak perlu khawatir karena silencer bahan galvanis juga banyak beredar di pasaran. Selain itu, Anda juga harus jeli dalam memilih silencer jenis ini karena bentuknya yang mirip dengan bahan stainless.

  • Bahan Carbon

Berbeda dengan bahan lainnya, carbon justru sangat berpengaruh terhadap performa yang dihasilkan kendaraan. Selain kendaraan memiliki tampilan lebih trendy dan mewah, bahan carbon pada knalpot dapat menyerap suara yang dihasilkan kendaraan.

Bahan karbon dapat membuat suara kendaraan terdengar lebih lembut dan jernih. Selain itu bahan karbon memiliki bobot yang sangat ringan dibandingkan galvanis dan aluminium.

  • Bahan Titanium

Jenis bahan titanium biasanya digunakan untuk motor balap dan motor sport. Hal tersebut mungkin dikarenakan bobotnya yang lebih ringan dibandingkan bahan stainless dan juga galvanis. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya