Tips & Trik

Cari Tahu Apa Itu Silencer Knalpot Serta Bahan dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 21 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/31824803_s.jpg

Knalpot merupakan salah satu komponen penting kendaraan, baik pada motor maupun mobil.

Knalpot dapat mempengaruhi performa kendaraan saat dijalankan, oleh sebab itu banyak orang memilih knalpot dengan komponen silencer yang berkualitas. Namun tahukah Anda apa itu silencer knalpot?

Silencer sendiri merupakan bagian dari knalpot yang biasanya berbentuk tabung yang terdapat pada bagian belakang.

Baca Juga : Ketahui, Ini Fungsi Alternator dan Komponennya

Perlu Anda ketahui juga bahwa silencer merupakan komponen yang dapat mempengaruhi suara kendaraan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai silencer knalpot berikut ini.

Pengertian Silencer Knalpot

Silencer Knalpot merupakan komponen utama pada sebuah knalpot. Di dalam silencer juga terdiri atas berbagai macam komponen yang berfungsi untuk meredam suara yang dihasilkan kendaraan saat dijalankan. Suara knalpot tersebut berasal dari pembuangan gas saat terjadi proses pembakaran.

Baca Juga : Lengkap, Ini Komponen Karburator Mobil dan Fungsinya

Desain dan bentuk silencer sangat berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan kendaraan. Jadi sebelum memutuskan untuk memasang knalpot, Anda perlu memperhatikan panjang pendek silencer dan jenis bahan yang tepat.

32249069_s

Komponen Penting Silencer Knalpot

Baca Juga : Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Fungsi dan Jenisnya

Bagian-bagian penting dalam silencer knalpot misalnya partition yang berfungsi untuk memecah suara kendaraan agar bunyinya tidak terlalu keras dan bising. Selain itu, ada komponen lain seperti glasswool berfungsi untuk dapat meredam dan menghaluskan suara yang dihasilkan kendaraan saat dijalankan. 

Silencer pada knalpot standar dan knalpot racing umumnya memiliki sekat yang berbeda-beda. Hal yang membedakannya adalah pada knalpot standar tidak terdapat glasswool, sedangkan pada knalpot racing memiliki glasswool. 

Apa Saja Fungsi Dari Silencer Knalpot

Setelah mengetahui apa itu silencer knalpot, selanjutnya Anda juga perlu memahami lebih detail tentang fungsi dari silencer pada knalpot kendaraan.

Perlu Anda ketahui bahwa fungsi silencer knalpot memiliki peranan yang sangat penting. Berikut adalah fungsi silencer knalpot yang perlu Anda ketahui.

  • Silencer Knalpot Dapat Meredam Suara Kendaraan

Jadi saat kendaraan dijalankan, mesin akan mengalami proses pembakaran. Dari proses pembakaran tersebut, mesin akan mengeluarkan gas buang. Gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan nantinya akan dikeluarkan melalui knalpot. 

Ketika sisa gas hasil pembakaran telah masuk pada bagian silencer, suara tersebut akan diredam oleh bagian partition yang terdapat dalam silencer. Proses tersebut akan membuat suara kendaraan diperhalus oleh bagian silencer bernama glasswool.

  • Silencer Knalpot Dapat Menaikkan Performa Kendaraan

Sebenarnya performa kendaraan memang sangat berkaitan dengan bahan yang dipakai silencer serta sekat yang terdapat di dalam silencer tersebut. Oleh sebab itu jangan heran jika silencer memiliki beragam model dengan desain yang juga berbeda.

  • Silencer Knalpot Dapat Mengatur DB yang Dihasilkan

Saat ini memang sudah banyak sekali pabrik yang telah membuat knalpot racing terbaik untuk mobil dan motor, baik yang sudah dilengkapi dengan fitur DB killer maupun belum.  Fitur DB killer sendiri memungkinkan Anda bisa mengatur kualitas suara yang dihasilkan knalpot.

Jadi apabila Anda menginginkan suara yang tidak terlalu keras, maka bisa menurunkan tingkat DB melalui fitur ini, begitupun sebaliknya.

Bahan-Bahan Dari Silencer Knalpot

Silencer knalpot yang beredar di pasaran terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Selain itu, perbedaan bahan tersebut juga membuat harganya juga bervariasi, tergantung pada bahan yang digunakan. Berikut adalah jenis-jenis silencer yang dibedakan dari bahan pembuatannya.

  • Bahan Stainless dan Aluminium

Hampir setiap bahan yang dipakai dalam pembuatan silencer memiliki jenis suara mirip atau tidak jauh berbeda.

Tetapi dalam hal performa dan bobot tentunya setiap bahan tersebut berbeda-beda. Keunggulan dari penggunaan bahan stainless dan alumunium adalah, harganya yang cukup terjangkau.

Performa kendaraan yang menggunakan knalpot dari jenis bahan Aluminium dan Stainless juga sangat dipengaruhi oleh panjang pendek knalpot. Anda bisa menemukan knalpot jenis ini dengan sangat mudah di pasaran. Bahkan, knalpot standar menggunakan bahan jenis ini untuk silencernya.

  • Bahan Galvanis

Galvanis merupakan jenis bahan terbaik dan banyak dipilih jika dibandingkan dengan silencer berbahan stainless.

Hal tersebut dikarenakan bahan galvanis memiliki keunggulan tidak mudah berkarat. Untuk bobotnya, silencer berbahan galvanis juga tidak jauh beda dengan bahan stainless.

Apabila Anda tertarik menggunakan silencer jenis ini, Anda tidak perlu khawatir karena silencer bahan galvanis juga banyak beredar di pasaran. Selain itu, Anda juga harus jeli dalam memilih silencer jenis ini karena bentuknya yang mirip dengan bahan stainless.

  • Bahan Carbon

Berbeda dengan bahan lainnya, carbon justru sangat berpengaruh terhadap performa yang dihasilkan kendaraan. Selain kendaraan memiliki tampilan lebih trendy dan mewah, bahan carbon pada knalpot dapat menyerap suara yang dihasilkan kendaraan.

Bahan karbon dapat membuat suara kendaraan terdengar lebih lembut dan jernih. Selain itu bahan karbon memiliki bobot yang sangat ringan dibandingkan galvanis dan aluminium.

  • Bahan Titanium

Jenis bahan titanium biasanya digunakan untuk motor balap dan motor sport. Hal tersebut mungkin dikarenakan bobotnya yang lebih ringan dibandingkan bahan stainless dan juga galvanis. 

Selain itu, bahan titanium juga memiliki keunggulan yang layak Anda pertimbangkan, karena mampu menahan udara panas yang sangat tinggi. Bahkan, penggunaan bahan jenis ini dinilai lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

  • Bahan Monel

Bahan Monel merupakan campuran dari sulfur, tembaga, nikel, besi dan beberapa unsur lainnya. Tetapi knalpot dengan bahan ini sifatnya sensitif terhadap debu, oleh sebab itu harus sering dibersihkan agar tidak mudah berkarat. 

Bahan knalpot yang terbuat dari monel umumnya banyak digunakan pabrik mobil dalam pembuatan knalpot terbaru.

Perawatan untuk bahan knalpot jenis ini dapat dilakukan dengan menggunakan lap, amplas halus serta sikat kawat untuk membersihkan knalpot setiap harinya.

Tips Dalam Memilih Silencer Knalpot yang Berkualitas

Jika Anda ingin mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing, maka perlu ketelitian dalam memilih bahan serta komponen yang tepat. Berikut adalah  tips yang bisa Anda terapkan untuk memilih silencer knalpot.

  • Pilih Bahan Silencer Knalpot dari Aluminium atau Stainless

Bahan stainless memiliki bobot lebih ringan dibandingkan knalpot yang berasal dari galvanis. Selain bobotnya ringan, bahan dari aluminium atau stainless juga memiliki harga yang terjangkau, trendy dan suara yang dihasilkan kendaraan tidak terlalu bising. 

  • Perhatikan Ukuran Silencer

Panjang pendek ukuran knalpot sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh kendaraan.

Jika Anda ingin suara kendaraan yang dihasilkan lebih lembut, maka sebaiknya pakai ukuran yang lebih panjang. Tetapi jika menginginkan suara kendaraan keras, cukup pakai yang silencer pendek.

  • Pilihlah Knalpot Racing yang Bermerk

Saat ini sudah banyak bermunculan produk silencer berasal dari brand ternama, walaupun terkadang memiliki harga yang cukup mahal. Agar knalpot yang Anda pilih terjamin kualitasnya, maka Anda bisa memilih knalpot yang bermerk.

Nah, demikian pembahasan mengenai apa itu silencer knalpot, bahan, serta fungsinya bagi kendaraan. Jika komponen kendaraan yang satu ini mengalami masalah, maka bisa langsung datang ke bengkel motor Suzuki resmi 2W di kota Anda.

Karena merupakan salah satu aspek penting pada kendaraan, perawatan knalpot yang baik akan sangat mempengaruhi performa. Di bengkel Suzuki resmi, kendaraan Anda pun akan mendapatkan penanganan terbaik. 

Berita Lainnya