Tips & Trik

Cari Tahu Apa Itu Silencer Knalpot Serta Bahan dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 21 Oktober 2021

31824803 S

Selain itu, bahan titanium juga memiliki keunggulan yang layak Anda pertimbangkan, karena mampu menahan udara panas yang sangat tinggi. Bahkan, penggunaan bahan jenis ini dinilai lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

  • Bahan Monel

Bahan Monel merupakan campuran dari sulfur, tembaga, nikel, besi dan beberapa unsur lainnya. Tetapi knalpot dengan bahan ini sifatnya sensitif terhadap debu, oleh sebab itu harus sering dibersihkan agar tidak mudah berkarat. 

Bahan knalpot yang terbuat dari monel umumnya banyak digunakan pabrik mobil dalam pembuatan knalpot terbaru.

Perawatan untuk bahan knalpot jenis ini dapat dilakukan dengan menggunakan lap, amplas halus serta sikat kawat untuk membersihkan knalpot setiap harinya.

Tips Dalam Memilih Silencer Knalpot yang Berkualitas

Jika Anda ingin mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing, maka perlu ketelitian dalam memilih bahan serta komponen yang tepat. Berikut adalah  tips yang bisa Anda terapkan untuk memilih silencer knalpot.

  • Pilih Bahan Silencer Knalpot dari Aluminium atau Stainless

Baca Juga : Cara Mudah Deteksi Kerusakan Power Steering Elektrik

Bahan stainless memiliki bobot lebih ringan dibandingkan knalpot yang berasal dari galvanis. Selain bobotnya ringan, bahan dari aluminium atau stainless juga memiliki harga yang terjangkau, trendy dan suara yang dihasilkan kendaraan tidak terlalu bising. 

  • Perhatikan Ukuran Silencer

Panjang pendek ukuran knalpot sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh kendaraan.

Jika Anda ingin suara kendaraan yang dihasilkan lebih lembut, maka sebaiknya pakai ukuran yang lebih panjang. Tetapi jika menginginkan suara kendaraan keras, cukup pakai yang silencer pendek.

  • Pilihlah Knalpot Racing yang Bermerk

Saat ini sudah banyak bermunculan produk silencer berasal dari brand ternama, walaupun terkadang memiliki harga yang cukup mahal. Agar knalpot yang Anda pilih terjamin kualitasnya, maka Anda bisa memilih knalpot yang bermerk.

Nah, demikian pembahasan mengenai apa itu silencer knalpot, bahan, serta fungsinya bagi kendaraan. Jika komponen kendaraan yang satu ini mengalami masalah, maka bisa langsung datang ke bengkel motor Suzuki resmi 2W di kota Anda.

Karena merupakan salah satu aspek penting pada kendaraan, perawatan knalpot yang baik akan sangat mempengaruhi performa. Di bengkel Suzuki resmi, kendaraan Anda pun akan mendapatkan penanganan terbaik. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya