Tips & Trik

Cara Mengetahui Ukuran Kunci Busi Mobil yang Sesuai

PUBLISHED DATE : 21 Juni 2023

Kunci Busi

Selain cara manual dengan tali atau meteran seperti tadi, terdapat cara lain untuk menentukan ukuran kunci busi.

Cara selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan ukuran kunci dengan tipe mobil Anda, dengan begitu akan ditemukan kunci yang tepat.

Sebagai contoh, Anda memiliki mobil dengan tipe low multi-purposed vehicle atau MPV. Tipe tersebut memiliki penumpang kecil, sehingga biasanya akan memakai ukuran busi yang juga kecil. Maka Anda memerlukan ukuran 16 mm untuk busi mobil Anda.

Selain itu, jika Anda memiliki mobil dengan tipe sport utility vehicle (SUV) atau mobil dengan ukuran besar, maka Anda bisa memakai ukuran yang lebih besar. Anda dapat menggunakan ukuran 20,8 mm.

3. Konsultasikan ke Teknisi Ahli

Selain kedua cara tersebut, Anda juga dapat melakukan berbagai konsultasi dengan teknisi otomotif yang telah berpengalaman dan ahli dalam bidang ini.

Ini adalah cara paling aman, karena teknisi yang ahli sudah memahami betul bagaimana memilih ukuran yang tepat.

Model Kunci Busi

Sebelumnya, telah dibahas mengenai ukuran kunci busi mobil. Selain terdapat jenis ukuran yang berbeda, kunci busi mobil juga memiliki berbagai model yang bisa digunakan.

Baca Juga : Menjaga Kabin Mobil Tetap Bersih Dan Nyaman

Ada tiga jenis model dari kunci busi mobil yang mudah untuk ditemukan di pasaran. Model tersebut adalah yang sering dipakai untuk berbagai jenis mobil yang beredar. Berikut adalah penjelasan dari setiap model dari kunci busi mobil tersebut.

  •  Model T

Model kunci busi mobil yang pertama yaitu model T. Model ini memiliki bentuk yang mirip dengan huruf T, seperti namanya.

sarung tangan dan kunci busi

Sumber: istockphoto

Ujung horizontal dari busi model ini memiliki fungsi untuk menjadi pegangan tangan. Ini akan membantu jika Anda hendak melakukan pergantian busi.

Dengan model seperti itu, maka dapat mempermudah Anda dalam melakukan pelepasan busi serta pemasangannya. Anda bisa menyesuaikan sudut dari pelepasan atau pemasangan busi tersebut.

Selanjutnya, bagian ujung vertikal dapat berfungsi untuk soket ketika melakukan pemasangan atau pelepasan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Suzuki Avenis

Fungsi Brush Pada Motor Starter

Ketika memutar kunci motor untuk menghidupkan mesin, ada proses yang sangat penting yang terjadi di pada mesin motor. Salah satu komponen kunci dalam proses tersebut adalah brush p...

selengkapnya