Tips & Trik

Cara Mengetahui Ukuran Kunci Busi Mobil yang Sesuai

PUBLISHED DATE : 21 Juni 2023

Kunci Busi

Biasanya, kunci ini sudah ada atau disediakan ketika Anda membeli mobil baru, karena merupakan salah satu kelengkapan yang penting.

Kunci busi biasanya berada dalam tool set pada mobil Anda. Dengan begitu, Anda bisa langsung memakainya jika terdapat masalah atau butuh melakukan pemeriksaan.

Fungsi dari kunci busi adalah untuk mengendurkan atau mengencangkan busi mobil Anda. alat ini juga berguna untuk melakukan pelepasan atau pemasangan busi mobil. Bentuk dan ukuran kunci busi ini dirancang menyesuaikan dengan setiap jenis kendaraan.

Kunci busi merupakan alat yang menjadi pertolongan pertama jika mobil Anda dalam keadaan darurat. Dengan ini, Anda dapat mengecek kondisi mobil dan memeriksa kerusakannya.

Setiap kunci busi, mempunyai karet atau magnet di bagian dalamnya. Kedua kelengkapan itu akan mempermudah ketika kunci busi akan mengambil busi yang sudah dilepas.

Kunci busi adalah bagian dari special service tool atau disingkat SST. Kunci ini merupakan alat yang dapat menjaga supaya busi mobil Anda tetap dalam kondisi yang aman.

Jika menggunakan kunci ring atau kunci sok, maka dapat berisiko membuat kepala busi rusak. Hal tersebut karena proses pemasangannya dapat menjadi terlalu kencang.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Membeli Suku Cadang Mobil

Oleh karena itu, kunci busi diperlukan supaya pemasangan busi dapat dilakukan dengan sesuai dan tidak merusak busi.

Dalam penggunaannya, ukuran kunci harus sesuai dengan ukuran busi dari mobil Anda. Ukuran yang telat akan membuatnya mudah untuk digunakan dengan maksimal dalam berbagai kondisi.

Cara Menentukan Ukuran Kunci Busi Mobil

Secara umum, terdapat dua ukuran untuk kunci busi mobil yang sering digunakan. Mobil yang sekarang banyak beredar dan dipakai, menggunakan salah satu dari kedua ukuran tersebut.

Ukuran yang dimaksud yaitu ukuran 20,8 mm dan 16 mm. Di Indonesia, dua ukuran ini juga mudah ditemui karena sering digunakan.

Untuk bisa mengetahui ukuran kunci busi mana yang paling sesuai untuk mobil Anda, terdapat cara yang mudah dilakukan. Berikut adalah cara untuk menentukan ukuran yang sesuai sehingga dapat digunakan dengan maksimal.

1. Manual Menggunakan Meteran atau Tali

Hal yang perlu dilakukan yaitu mengukur pada bagian tengah dari busi mobil Anda. Bagian tengah tersebut terbuat dari logam. Jika dilihat, bentuknya heksagonal. Bagian tersebut juga terlihat menonjol.

Karena memiliki bentuk heksagonal, maka Anda dapat mengukurnya menggunakan alat meteran pita. Jika tidak ada, maka dapat menggunakan tali biasa untuk membantu pengukuran.

2. Sesuaikan dengan Tipe Mobil

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Kapal

Perbedaan Kapal dan Perahu

Kapal dan perahu memiliki fungsi yang sama. Namun, nyatanya terdapat perbedaan kapal dan perahu yang belum banyak dipahami oleh semua orang. Padahal memahami hal ini sebenarnya san...

selengkapnya