Tips & Trik

Cara Mengetahui Ukuran Kunci Busi Mobil yang Sesuai

PUBLISHED DATE : 21 Juni 2023

Kunci Busi

Kunci busi adalah salah satu perkakas penting yang diperlukan untuk setiap kendaraan, termasuk mobil Anda. Ukuran kunci busi juga harus sesuai dengan jenis mobil yang digunakan, sehingga dapat dipakai dengan tepat.

Dengan menggunakan ukuran yang paling sesuai, maka Anda dapat melakukan pelepasan atau pemasangan busi dengan baik. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan jenis ukuran yang dipilih untuk kunci busi mobil Anda.

Mengenal Kunci Busi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kunci busi adalah perkakas penting untuk mobil Anda. Kunci busi ini seharusnya selalu dibawa dalam setiap perjalanan Anda, atau selalu ada di mobil Anda.

Meski Anda mungkin tidak terlalu paham tentang perkakas atau mesin mobil, namun pembaha kunci busi merupakan hal yang penting untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak diinginkan.

Biasanya, kunci ini sudah ada atau disediakan ketika Anda membeli mobil baru, karena merupakan salah satu kelengkapan yang penting.

Kunci busi biasanya berada dalam tool set pada mobil Anda. Dengan begitu, Anda bisa langsung memakainya jika terdapat masalah atau butuh melakukan pemeriksaan.

Fungsi dari kunci busi adalah untuk mengendurkan atau mengencangkan busi mobil Anda. alat ini juga berguna untuk melakukan pelepasan atau pemasangan busi mobil. Bentuk dan ukuran kunci busi ini dirancang menyesuaikan dengan setiap jenis kendaraan.

Kunci busi merupakan alat yang menjadi pertolongan pertama jika mobil Anda dalam keadaan darurat. Dengan ini, Anda dapat mengecek kondisi mobil dan memeriksa kerusakannya.

Setiap kunci busi, mempunyai karet atau magnet di bagian dalamnya. Kedua kelengkapan itu akan mempermudah ketika kunci busi akan mengambil busi yang sudah dilepas.

Kunci busi adalah bagian dari special service tool atau disingkat SST. Kunci ini merupakan alat yang dapat menjaga supaya busi mobil Anda tetap dalam kondisi yang aman.

Jika menggunakan kunci ring atau kunci sok, maka dapat berisiko membuat kepala busi rusak. Hal tersebut karena proses pemasangannya dapat menjadi terlalu kencang.

Baca Juga : Kampas Ganda Mobil: Peran Vital dalam Pengereman

Oleh karena itu, kunci busi diperlukan supaya pemasangan busi dapat dilakukan dengan sesuai dan tidak merusak busi.

Dalam penggunaannya, ukuran kunci harus sesuai dengan ukuran busi dari mobil Anda. Ukuran yang telat akan membuatnya mudah untuk digunakan dengan maksimal dalam berbagai kondisi.

Cara Menentukan Ukuran Kunci Busi Mobil

Secara umum, terdapat dua ukuran untuk kunci busi mobil yang sering digunakan. Mobil yang sekarang banyak beredar dan dipakai, menggunakan salah satu dari kedua ukuran tersebut.

Ukuran yang dimaksud yaitu ukuran 20,8 mm dan 16 mm. Di Indonesia, dua ukuran ini juga mudah ditemui karena sering digunakan.

Untuk bisa mengetahui ukuran kunci busi mana yang paling sesuai untuk mobil Anda, terdapat cara yang mudah dilakukan. Berikut adalah cara untuk menentukan ukuran yang sesuai sehingga dapat digunakan dengan maksimal.

1. Manual Menggunakan Meteran atau Tali

Hal yang perlu dilakukan yaitu mengukur pada bagian tengah dari busi mobil Anda. Bagian tengah tersebut terbuat dari logam. Jika dilihat, bentuknya heksagonal. Bagian tersebut juga terlihat menonjol.

Karena memiliki bentuk heksagonal, maka Anda dapat mengukurnya menggunakan alat meteran pita. Jika tidak ada, maka dapat menggunakan tali biasa untuk membantu pengukuran.

2. Sesuaikan dengan Tipe Mobil

Selain cara manual dengan tali atau meteran seperti tadi, terdapat cara lain untuk menentukan ukuran kunci busi.

Cara selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan ukuran kunci dengan tipe mobil Anda, dengan begitu akan ditemukan kunci yang tepat.

Sebagai contoh, Anda memiliki mobil dengan tipe low multi-purposed vehicle atau MPV. Tipe tersebut memiliki penumpang kecil, sehingga biasanya akan memakai ukuran busi yang juga kecil. Maka Anda memerlukan ukuran 16 mm untuk busi mobil Anda.

Selain itu, jika Anda memiliki mobil dengan tipe sport utility vehicle (SUV) atau mobil dengan ukuran besar, maka Anda bisa memakai ukuran yang lebih besar. Anda dapat menggunakan ukuran 20,8 mm.

3. Konsultasikan ke Teknisi Ahli

Selain kedua cara tersebut, Anda juga dapat melakukan berbagai konsultasi dengan teknisi otomotif yang telah berpengalaman dan ahli dalam bidang ini.

Ini adalah cara paling aman, karena teknisi yang ahli sudah memahami betul bagaimana memilih ukuran yang tepat.

Model Kunci Busi

Sebelumnya, telah dibahas mengenai ukuran kunci busi mobil. Selain terdapat jenis ukuran yang berbeda, kunci busi mobil juga memiliki berbagai model yang bisa digunakan.

Ada tiga jenis model dari kunci busi mobil yang mudah untuk ditemukan di pasaran. Model tersebut adalah yang sering dipakai untuk berbagai jenis mobil yang beredar. Berikut adalah penjelasan dari setiap model dari kunci busi mobil tersebut.

  •  Model T

Model kunci busi mobil yang pertama yaitu model T. Model ini memiliki bentuk yang mirip dengan huruf T, seperti namanya.

sarung tangan dan kunci busi

Sumber: istockphoto

Ujung horizontal dari busi model ini memiliki fungsi untuk menjadi pegangan tangan. Ini akan membantu jika Anda hendak melakukan pergantian busi.

Dengan model seperti itu, maka dapat mempermudah Anda dalam melakukan pelepasan busi serta pemasangannya. Anda bisa menyesuaikan sudut dari pelepasan atau pemasangan busi tersebut.

Selanjutnya, bagian ujung vertikal dapat berfungsi untuk soket ketika melakukan pemasangan atau pelepasan.

 

  • Model Pipa

 

Model kedua yaitu kunci busi model pipa. Bentuk dari model ini adalah panjang seperti pipa, sesuai dengan namanya.

Baca Juga : Panduan Lengkap Merawat Kampas Rem Motor Anda

Untuk model pipa ini, bentuknya memiliki ukuran sesuai seperti busi yang digunakan mobil Anda. Melalui bagian ini, Anda bisa mengganti busi. Anda bisa melakukan proses melepas atau memasang busi.

Lalu, di bagian ujung lainnya, ada lubang yang digunakan sebagai tangkai. Tangkai tersebut berguna jika Anda hendak memutar kunci busi dalam proses pelepasan atau pemasangan.

  • Model Ratchet

Model terakhir adalah model ratchet. Untuk model ini, terdapat tambahan berupa gagang ratchet.

Kunci busi dengan model ini merupakan perangkat servis yang biasanya dijual dalam bentuk set. Isi dari set tersebut yaitu kunci pas ring ratchet yang fleksibel, soket busi, serta tambahan tangkai atau extension bar.

Pada bagian ujung dari ratchet, mudah untuk Anda tekuk sehingga dapat disesuaikan dengan sudut yang diinginkan. Hal itu dapat digunakan dengan maksimal ketika melakukan pemasangan busi mobil Anda.

Dengan sudut tersebut, maka Anda akan lebih mudah dalam memasang. Anda jadi tidak kesulitan ketika menjangkau bagian-bagiannya.

Jika melihat dari kemampuannya ini, maka model ratchet memiliki keunggulan dibanding dua model yang telah dibahas sebelumnya.

Namun, sesuai dengan keunggulannya, harga dari model ini pun biasanya ditawarkan dengan lebih mahal dibanding lainnya.

Itulah penjelasan dari ukuran kunci busi dan berbagai modelnya. Ukuran dan model yang Anda pilih dapat disesuaikan dengan jenis mobil serta kebutuhan Anda.

Penting untuk menentukan ukuran yang tepat untuk kunci busi mobil Anda. Dengan menggunakan ukuran yang tepat dan sesuai, maka Anda dapat melakukan penggantian busi serta berbagai perawatan dengan jauh lebih efektif dan efisien.

Selain memilih ukuran kunci busi yang tepat, maka penting juga untuk memilih kunci busi dan berbagai komponen lain yang berkualitas untuk keperluan mobil Anda. Kunjungi https://www.suzuki.co.id/eparts untuk berbagai informasi lengkapnya. 

 

Berita Lainnya