Tips & Trik

Cara Mengendarai Motor Matic, Buat Kamu Yang Baru Belajar

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2021

Suzuki (1)1

Langkah ketiga, setelah motor menyala, usahakan Anda mengambil posisi yang nyaman saat duduk di atas jok motor. Duduk dengan nyaman ini penting dilakukan, agar pengendara bisa mengendalikan motor dengan baik, terutama dalam mengendalikan gas.

Bisa mengendalikan tarikan gas dengan baik memang menjadi kunci utama dalam mengendarai motor matic, karena kecepatan motor hanya ditentukan oleh tarikan handle gas. Mengambil posisi duduk dengan nyaman, akan membuat pengendara mampu menguasai laju motor dengan baik pula.

  • Kontrol Handle Gas

Mengontrol handle gas, merupakan langkah selanjutnya yang harus diperhatikan pada cara belajar motor matic. Perlu diketahui, karena motor matic tidak menggunakan kopling dan gigi perseneling, maka sedikit tarikan gas sudah membuat motor melaju dengan cukup kencang.

Oleh karena itu, pengendara harus mampu untuk mengontrol handle gas dengan baik. Menarik handle gas dengan pelan-pelan akan membuat laju motor menjadi tenang dan dapat dikendalikan. Pengendara bisa menggunakan perasaan untuk mengontrol tarikan handle gas ini.

  • Kontrol Tuas Rem dengan Baik

Kalau tangan kanan berperan dalam mengendalikan handle gas, maka tangan kiri pengendara juga harus mampu mengontrol tuas rem dengan baik.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Fungsi CDI Motor dan Cara Kerjanya

Tuas rem sebelah kiri adalah rem belakang yang bisa digunakan untuk menghentikan laju motor secara perlahan agar tidak berhenti mendadak.

Sebaliknya, sebelah kanan adalah tuas rem depan yang diperlukan dalam keadaan darurat agar putaran roda segera berhenti. Pengendara harus berlatih untuk terbiasa dalam menggunakan rem depan, rem belakang, dan untuk menggunakannya secara bersamaan.

  • Mulai Kuasai Kondisi Jalan

Belajar motor matic juga harus bisa memahami kondisi jalan yang dilalui. Sangat penting bagi pengendara untuk menguasai jalan yang dilalui agar tidak panik dalam mengendalikan gas dan tuas rem saat melewati jalan yang berbeda, seperti tikungan, tanjakan, atau jalan bergelombang.

Cara mengendarai motor matic penting dipelajari dengan baik agar pengendara bisa benar-benar menguasainya sebelum mengendarainya di jalan raya. Karena motor ini sangat simpel cara kerjanya, Anda pun akan cepat mahir mengendarainya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Tips Agar Bodi Motor Tak Kusam

Tips Agar Bodi Motor Tak Kusam

Merawat motor kesayangan sudah menjadi sebuah kewajiban supaya motor tetap tampak kinclong. Menjaga cat bodi motor tidak berubah menjadi kusam seiring pemakaian juga penting untuk ...

selengkapnya