Tips & Trik

Cara Mengendarai Motor Matic, Buat Kamu Yang Baru Belajar

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2021

Suzuki (1)1

Cara kerja motor matic memang berbeda dengan motor kopling dan motor yang memakai gigi atau biasa dikenal dengan motor bebek. Pada motor matic, laju kendaraan sama sekali tidak dipengaruhi oleh kopling dan gigi perseneling, tetapi hanya tergantung pada tuas rem dan gas.

Pada motor kopling dan motor bebek pengendara harus menarik kopling atau melakukan perubahan gigi perseneling secara manual saat ingin mengatur kecepatan. Nah, pada motor matic, semua fungsi tersebut sudah tidak ada dan digantikan sepenuhnya dengan tuas rem dan gas.

Jadi, dalam mengendarai motor matic, pengendara hanya cukup berkonsentrasi pada gas untuk menambah dan mengurangi kecepatan, serta tuas rem untuk menghentikan laju kendaraan. Pengendara tidak bisa berakselerasi sesuai keinginannya dalam berkendara.

Cara kerja motor matic yang seperti ini dinilai bisa sangat memudahkan bagi pengendara sehingga motor jenis ini banyak diminati. Akan tetapi, mengendarai motor matic juga memiliki risiko tinggi, karena pengendara tidak bisa mengatur kecepatan motor secara signifikan, sehingga harus sangat berhati-hati.

Suzuki__2_(1)

Cara Mengendarai Motor Matic Yang Benar

Baca Juga : Ternyata Ini Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor

Bagi pengendara yang baru mulai belajar motor matic, terlebih dahulu perlu untuk mengetahui cara mengendarai motor matic ini dengan baik. Hal ini diperlukan, agar pengendara tidak salah mengoperasikan kendaraan ini yang bisa berakibat fatal dan membahayakan keselamatannya sendiri.

Lalu, bagaimana cara mengendarai motor matic terutama bagi pemula yang baru belajar? Berikut ini  akan diberikan panduan mengenai bagaimana tips dan langkah mengendarai motor matic dengan benar.

  1. Persiapan Sebelum Berkendara

Sebelum mulai berkendara, terlebih dahulu pastikan kendaraan beserta seluruh komponennya dalam kondisi bagus dan aman untuk dikendarai. Apalagi bila yang mengendarai adalah pemula yang baru belajar motor. Kendaraan harus dalam kondisi baik dan aman bagi pengendara.

Bagian motor matic yang sangat perlu untuk diperhatikan sebelum dikendarai adalah rem dan gas. Kedua bagian tersebut merupakan komponen utama pada motor matic. Motor matic tidak menggunakan kopling dan gigi perseneling, jadi laju kendaraan hanya tergantung pada gas dan rem.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya