Tips & Trik

Cara Mengendarai Motor Matic, Buat Kamu Yang Baru Belajar

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2021

Suzuki (1)1

Sebelum mulai berkendara, perlu diperiksa terlebih dahulu apakah gas dan rem dalam kondisi normal, tidak bermasalah, serta masih berfungsi dengan sempurna. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang sering terjadi karena masalah pada kedua bagian kendaraan tersebut.

Selain gas dan rem, kelengkapan kendaraan lain juga perlu untuk dilakukan pengecekan. Seperti lampu sein, klakson, lampu rem, dan kaca spion. Bagian mesin dan busi juga harus dipastikan dalam kondisi bagus, untuk menghindari motor mengalami mogok di tengah jalan.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memeriksa tangki bahan bakar. Periksa apakah persediaan bahan bakar dalam tangki masih cukup untuk melakukan perjalanan atau tidak. Hal ini karena banyak kasus terjadi di mana kendaraan mogok di tengah jalan karena kehabisan bahan bakar.

  1. Langkah-langkah Mengendarai Motor Matic

Untuk mengendarai motor matic, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Hal ini harus diperhatikan, terutama bagi pemula yang baru belajar  mengendarai motor. Panduan cara mengendarai motor matic tersebut rinciannya adalah sebagai berikut.

  • Nyalakan Mesin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan mesin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan kunci kontak dan kemudian memutar pada posisi netral yang biasanya ditandai dengan lampu berwarna hijau. Pada posisi ini, motor sudah siap untuk digunakan.

Baca Juga : Yuk Ketahui Ini Fungsi Kampas Kopling Ganda Pada Motor Matic

Sebelum menyalakan mesin, jangan lupa untuk menaikkan standar samping. Karena pada motor matic mesin motor tidak akan bisa dinyalakan apabila standar samping masih dalam kondisi di bawah. Dengan demikian, sebelum menyalakan mesin, pastikan standar samping sudah dinaikkan.

  • Nyalakan Motor

Langkah kedua, setelah standar samping dinaikkan, motor bisa mulai dinyalakan. Caranya adalah dengan memutar kunci kontak pada posisi on, dan secara bersamaan tekan tombol elektrik starter. Jangan lupa juga bahwa tangan kiri harus menarik tuas rem dengan perlahan.

Sekali lagi, pada motor matic tidak ada kopling dan gigi perseneling. Saat mesin menyala, dengan sedikit tarikan pada gas, motor akan melaju.

Menarik tuas rem saat mesin dinyalakan dilakukan untuk mencegah gas tertarik tanpa sengaja yang mengakibatkan motor langsung melaju tanpa kendali. Disamping itu, motor matic tidak akan bisa menyala jika remnya tidak ditarik.

  • Ambil Posisi yang Nyaman
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya