Tips & Trik

Begini Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Cara Membersihkan Rantai Motor

Itulah beberapa bagian pada rantai motor beserta kegunaannya yang bisa dipahami. Sebelum melakukan pembersihan, maka sebaiknya Anda memahami bagian-bagian tersebut agar tidak salah dalam menangani komponen yang sedang bermasalah pada motor kesayangan.

Fungsi Rantai Motor

Fungsi rantai motor tidak lain adalah mendukung kinerja dari rantai motor itu sendiri. Rantai akan menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin motor. Energi gerak pada transmisi akan memutar gear depan beserta rantai yang akan meneruskan energi gerak tersebut ke bagian gear belakang.

Selanjutnya, gear belakang yang terhubung dengan tenaga transmisi pada roda belakang akan berputar dengan bantuan rantai motor. Perputaran pada roda belakang itulah yang bisa menggerakkan kendaraan karena dapat mendorong roda depan berputar.

Cara kerja rantai motor tersebut dibantu oleh bagian-bagian yang ada padanya. Bagian-bagian tersebut akan menunjang kinerja mesin motor.

Jadi jika ini bermasalah, maka mesin pun demikian. Karena itu, kendaraan sangat penting untuk dilihat kondisinya secara rutin dan dilakukan perbaikan secara berkala pada bengkel yang tepat.

Baca Juga : Stop Panik, Ini Penyebab Gas Motor Naik Sendiri

Jika rantai motor berbunyi, kemungkinan rantai itu aus akibat kondisinya kering. Jadi rantai perlu secara rutin diberi pelumas . Selain itu, rantai yang terlalu kencang atau kendur juga dapat menimbulkan suara berisik saat mesin motor dinyalakan. Jika rantai rusak, maka perlu mengganti rantai baru beserta gearnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Rantai Motor

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui jenis rantai motor terlebih dulu, sehingga dapat diketahui bagaimana cara membersihkan rantai motor yang cocok. Kemudian Anda harus memposisikan motor dengan jagrak tengah, lalu mengecek keausan mata rantai dan sprocket gear.

Cara mengecek mata rantai dilakukan dengan menggoyangkannya ke kanan dan kiri serta menariknya ke belakang. Disini, Anda bisa memastikan apakah komponen tersebut kendur atau tidak.

Sprocket gear yang aus bisa dilihat dari mata gear yang menajam. Setelah dicek dan diperbaiki, maka proses pembersihan rantai bisa langsung dilakukan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Servis Motor

servis motor

Servis motor merupakan langkah penting dalam pemeliharaan kendaraan yang tidak boleh diabaikan oleh pemilik motor. Layanan servis melibatkan serangkaian pemeriksaan dan perawatan y...

selengkapnya