Tips & Trik

Begini Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Cara Membersihkan Rantai Motor

Rantai dengan ring dibedakan lagi menjadi dua macam, yaitu rantai O-ring dan X-ring. Adanya ring berfungsi menjaga pelumas tetap pada posisi dua lempengan mata rantai.

Rantai O-ring berbentuk O dan pipih, sedangkan rantai X-ring bentuknya berpilin untuk mencegah logam rantai saling bergesekan.

Rantai biasa atau rantai tanpa ring terbuat dari logam-logam seperti yang sering dijumpai. Jenis rantai ini lebih mudah untuk dibersihkan. Namun jika memilih rantai jenis ini, maka tidak heran jika Anda akan sering mengganti rantai. Hal tersebut karena sering terjadi gesekan antar mata rantai.

Jenis rantai dengan ring akan lebih awet, seperti pada rantai O-ring yang terbuat dari bahan karet. Berbeda dengan rantai tanpa ring yang akan langsung menimbulkan gesekan sehingga pelumas cepat kering. Dalam hal ini, jenis rantai yang berbeda akan berbeda pula pada cara membersihkannya.

Bagian-Bagian Rantai Motor

gear_rantai

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Fungsi CDI Motor dan Cara Kerjanya

Rantai pada sepeda motor hanya terdapat pada tipe motor bebek dan motor sport. Pada tipe motor matic, tidak ada rantai motornya. Rantai motor sendiri terdiri dari beberapa bagian komponen. Beberapa susunan rantai roda meliputi beberapa mata rantai yang terdiri dari beberapa bagian juga.

Bagian-bagian rantai motor ini harus Anda diketahui. Susunan rantai dan gear terdiri dari rantai roda, gear depan, dan gear belakang.

Gear depan berfungsi sebagai drive atau penggerak (ukurannya lebih kecil), sedangkan gear belakang atau sering disebut gear set berfungsi sebagai driven atau yang digerakkan.

Selanjutnya, untuk bagian rantai roda disini berguna untuk meneruskan perputaran mesin melalui gear atau sprocket. Setelah itu, roda belakang akan berputar dan bisa menjalankan laju motor.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya