Tips & Trik

Begini Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/cara_membersihkan_rantai_motor.jpg

Jika rantai motor berbunyi, kemungkinan rantai itu aus akibat kondisinya kering. Jadi rantai perlu secara rutin diberi pelumas . Selain itu, rantai yang terlalu kencang atau kendur juga dapat menimbulkan suara berisik saat mesin motor dinyalakan. Jika rantai rusak, maka perlu mengganti rantai baru beserta gearnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Rantai Motor

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui jenis rantai motor terlebih dulu, sehingga dapat diketahui bagaimana cara membersihkan rantai motor yang cocok. Kemudian Anda harus memposisikan motor dengan jagrak tengah, lalu mengecek keausan mata rantai dan sprocket gear.

Cara mengecek mata rantai dilakukan dengan menggoyangkannya ke kanan dan kiri serta menariknya ke belakang. Disini, Anda bisa memastikan apakah komponen tersebut kendur atau tidak.

Sprocket gear yang aus bisa dilihat dari mata gear yang menajam. Setelah dicek dan diperbaiki, maka proses pembersihan rantai bisa langsung dilakukan.

Kegiatan melumasi rantai juga penting agar kondisi rantai tidak kering. Jangan sesekali menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai ya. Oli bekas yang kotor akan mudah merusak mesin motor karena mengandung debu dan kotoran yang menempel pada komponen motor sebelumnya.

Selanjutnya untuk membersihkan sela-sela rantai dan mata rantai, maka perlu menggunakan kuas atau sikat gigi berukuran kecil atau yang pas.

Hal tersebut akan memudahkan dalam membersihkan kotoran yang sulit dijangkau. Jika permukaan rantai masih kotor, maka Anda bisa membersihkannya dengan bensin.

Cara Membersihkan Rantai Motor

Cara membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang aman dan memang ampuh saat diaplikasikan. Contohnya yaitu cairan penetran, minyak tanah, hingga sabun cuci piring. Bahan lainnya yang bisa digunakan yaitu bensin, sikat gigi, dan kuas.

Pertama, posisikan motor Anda pada standar tengah. Kemudian oleskan bensin pada permukaan rantai untuk merontokkan kerak dan kotoran pada rantai dan gear. Fungsi pengolesan bensin pada permukaan rantai ini hanya sebagai pembersih pertama, dan selanjutnya perlu dibersihkan kembali.

Pembersihan dilakukan dengan menyemprotkan cairan penetran atau minyak tanah atau sabun cuci piring ke permukaan rantai dan diamkan sesaat. Setelah itu, gosok rantai dengan sikat gigi bekas secara perlahan hingga kotoran dan sisa oli pada rantai tersebut hilang.

Selanjutnya, lakukan penyemprotan kembali untuk lebih membersihkan rantai. Kotoran pada rantai dan gear akan rontok jika dibersihkan berulang kali. Jika sudah bersih, keringkan rantai dengan kain kering. Lalu lumasi rantai motor dengan cairan chain lube dengan disemprotkan di mata gear dan rantai motor.

Tips Perawatan Rantai Motor

Agar rantai motor Anda awet dan tahan lama, maka perhatikan tips berikut. Yang pertama, selalu bersihkan rantai dengan rutin. Kemudian, lakukan juga pengecekan kondisi motor sebelum dan sesudah berkendara untuk mengetahui kekurangan yang mungkin terjadi.

Kemudian jangan terlewati untuk melumasi rantai motor Anda dengan oli berkualitas. Gunakan juga rantai dari merk ternama yang original. Sebaliknya, hindari membeli barang merk KW yang kualitasnya kurang bagus. Hal itu bisa menyebabkan mesin motor gampang rusak dan kinerjanya tidak maksimal.

Pembahasan tentang cara membersihkan rantai motor di atas dapat Anda pahami dan pelajari. Dengan memahami uraian diatas, maka Anda akan dapat merawat motor, terutama komponen rantainya dengan benar.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya