Tips & Trik

Begini Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/cara_membersihkan_rantai_motor.jpg

Rantai merupakan salah satu komponen pada motor yang penting. Rantai motor perlu selalu dirawat dan dibersihkan agar tarikan atau akselerasinya tidak berkurang. Cara membersihkan rantai motor harus dilakukan menggunakan bahan yang aman agar tidak menimbulkan kerusakan lain.

Jika Anda jarang merawat rantai motor, maka rantai tersebut akan cepat kering dan kendur. Oleh karena itu, membersihkan bagian rantai sangat dianjurkan, misalnya dengan melumasinya agar kinclong serta tidak kering dan tidak berkarat, dan dapat membersihkannya dengan cara-cara tertentu.

Jenis-Jenis Rantai Motor

Rantai motor merupakan komponen yang terdiri dari logam-logam yang saling terhubung untuk menyalurkan tenaga dari transmisi menuju roda belakang. Jenis rantai motor meliputi rantai dengan ring dan rantai tanpa ring. Cara membersihkan rantai motor dapat melihat pada jenis rantai motor tersebut.

Baca Juga : Bukan Cuma Suara, Ini Perbedaan Knalpot Racing dan Standar

Rantai dengan ring dibedakan lagi menjadi dua macam, yaitu rantai O-ring dan X-ring. Adanya ring berfungsi menjaga pelumas tetap pada posisi dua lempengan mata rantai.

Rantai O-ring berbentuk O dan pipih, sedangkan rantai X-ring bentuknya berpilin untuk mencegah logam rantai saling bergesekan.

Rantai biasa atau rantai tanpa ring terbuat dari logam-logam seperti yang sering dijumpai. Jenis rantai ini lebih mudah untuk dibersihkan. Namun jika memilih rantai jenis ini, maka tidak heran jika Anda akan sering mengganti rantai. Hal tersebut karena sering terjadi gesekan antar mata rantai.

Baca Juga : Anda Pemilik Motor Matik? Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini!

Jenis rantai dengan ring akan lebih awet, seperti pada rantai O-ring yang terbuat dari bahan karet. Berbeda dengan rantai tanpa ring yang akan langsung menimbulkan gesekan sehingga pelumas cepat kering. Dalam hal ini, jenis rantai yang berbeda akan berbeda pula pada cara membersihkannya.

Bagian-Bagian Rantai Motor

gear_rantai

Rantai pada sepeda motor hanya terdapat pada tipe motor bebek dan motor sport. Pada tipe motor matic, tidak ada rantai motornya. Rantai motor sendiri terdiri dari beberapa bagian komponen. Beberapa susunan rantai roda meliputi beberapa mata rantai yang terdiri dari beberapa bagian juga.

Baca Juga : Cara Menghemat Bensin Motor Saat Keadaan Darurat

Bagian-bagian rantai motor ini harus Anda diketahui. Susunan rantai dan gear terdiri dari rantai roda, gear depan, dan gear belakang.

Gear depan berfungsi sebagai drive atau penggerak (ukurannya lebih kecil), sedangkan gear belakang atau sering disebut gear set berfungsi sebagai driven atau yang digerakkan.

Selanjutnya, untuk bagian rantai roda disini berguna untuk meneruskan perputaran mesin melalui gear atau sprocket. Setelah itu, roda belakang akan berputar dan bisa menjalankan laju motor.

Itulah beberapa bagian pada rantai motor beserta kegunaannya yang bisa dipahami. Sebelum melakukan pembersihan, maka sebaiknya Anda memahami bagian-bagian tersebut agar tidak salah dalam menangani komponen yang sedang bermasalah pada motor kesayangan.

Fungsi Rantai Motor

Fungsi rantai motor tidak lain adalah mendukung kinerja dari rantai motor itu sendiri. Rantai akan menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin motor. Energi gerak pada transmisi akan memutar gear depan beserta rantai yang akan meneruskan energi gerak tersebut ke bagian gear belakang.

Selanjutnya, gear belakang yang terhubung dengan tenaga transmisi pada roda belakang akan berputar dengan bantuan rantai motor. Perputaran pada roda belakang itulah yang bisa menggerakkan kendaraan karena dapat mendorong roda depan berputar.

Cara kerja rantai motor tersebut dibantu oleh bagian-bagian yang ada padanya. Bagian-bagian tersebut akan menunjang kinerja mesin motor.

Jadi jika ini bermasalah, maka mesin pun demikian. Karena itu, kendaraan sangat penting untuk dilihat kondisinya secara rutin dan dilakukan perbaikan secara berkala pada bengkel yang tepat.

Jika rantai motor berbunyi, kemungkinan rantai itu aus akibat kondisinya kering. Jadi rantai perlu secara rutin diberi pelumas . Selain itu, rantai yang terlalu kencang atau kendur juga dapat menimbulkan suara berisik saat mesin motor dinyalakan. Jika rantai rusak, maka perlu mengganti rantai baru beserta gearnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Rantai Motor

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui jenis rantai motor terlebih dulu, sehingga dapat diketahui bagaimana cara membersihkan rantai motor yang cocok. Kemudian Anda harus memposisikan motor dengan jagrak tengah, lalu mengecek keausan mata rantai dan sprocket gear.

Cara mengecek mata rantai dilakukan dengan menggoyangkannya ke kanan dan kiri serta menariknya ke belakang. Disini, Anda bisa memastikan apakah komponen tersebut kendur atau tidak.

Sprocket gear yang aus bisa dilihat dari mata gear yang menajam. Setelah dicek dan diperbaiki, maka proses pembersihan rantai bisa langsung dilakukan.

Kegiatan melumasi rantai juga penting agar kondisi rantai tidak kering. Jangan sesekali menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai ya. Oli bekas yang kotor akan mudah merusak mesin motor karena mengandung debu dan kotoran yang menempel pada komponen motor sebelumnya.

Selanjutnya untuk membersihkan sela-sela rantai dan mata rantai, maka perlu menggunakan kuas atau sikat gigi berukuran kecil atau yang pas.

Hal tersebut akan memudahkan dalam membersihkan kotoran yang sulit dijangkau. Jika permukaan rantai masih kotor, maka Anda bisa membersihkannya dengan bensin.

Cara Membersihkan Rantai Motor

Cara membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang aman dan memang ampuh saat diaplikasikan. Contohnya yaitu cairan penetran, minyak tanah, hingga sabun cuci piring. Bahan lainnya yang bisa digunakan yaitu bensin, sikat gigi, dan kuas.

Pertama, posisikan motor Anda pada standar tengah. Kemudian oleskan bensin pada permukaan rantai untuk merontokkan kerak dan kotoran pada rantai dan gear. Fungsi pengolesan bensin pada permukaan rantai ini hanya sebagai pembersih pertama, dan selanjutnya perlu dibersihkan kembali.

Pembersihan dilakukan dengan menyemprotkan cairan penetran atau minyak tanah atau sabun cuci piring ke permukaan rantai dan diamkan sesaat. Setelah itu, gosok rantai dengan sikat gigi bekas secara perlahan hingga kotoran dan sisa oli pada rantai tersebut hilang.

Selanjutnya, lakukan penyemprotan kembali untuk lebih membersihkan rantai. Kotoran pada rantai dan gear akan rontok jika dibersihkan berulang kali. Jika sudah bersih, keringkan rantai dengan kain kering. Lalu lumasi rantai motor dengan cairan chain lube dengan disemprotkan di mata gear dan rantai motor.

Tips Perawatan Rantai Motor

Agar rantai motor Anda awet dan tahan lama, maka perhatikan tips berikut. Yang pertama, selalu bersihkan rantai dengan rutin. Kemudian, lakukan juga pengecekan kondisi motor sebelum dan sesudah berkendara untuk mengetahui kekurangan yang mungkin terjadi.

Kemudian jangan terlewati untuk melumasi rantai motor Anda dengan oli berkualitas. Gunakan juga rantai dari merk ternama yang original. Sebaliknya, hindari membeli barang merk KW yang kualitasnya kurang bagus. Hal itu bisa menyebabkan mesin motor gampang rusak dan kinerjanya tidak maksimal.

Pembahasan tentang cara membersihkan rantai motor di atas dapat Anda pahami dan pelajari. Dengan memahami uraian diatas, maka Anda akan dapat merawat motor, terutama komponen rantainya dengan benar.

Berita Lainnya