Tips & Trik

Banyak Yang Belum Tahu, Ini Fungsi Knalpot Sebenarnya

PUBLISHED DATE : 09 Juni 2021

Fungsi Dari Knalpot

Di atas sudah disebutkan soal chamber yang jadi bagian dari knalpot dan bisa menjadikan tenaga kendaraan meningkat. Chamber hanya terdapat pada motor 2 tak saja. 

Cara Merawat Knalpot dengan Benar

Sebagai pemilik kendaraan, bukan hanya fungsi knalpot yang harus Anda belajar tetapi juga bagaimana cara merawatnya. Ada beberapa perawatan yang bisa dengan mudah Anda lakukan sebagai berikut ini. 

    1. Memanaskan motor dengan rutin

Jika Anda sering menggunakan kendaraan maka knalpot akan bersih dengan sendirinya. Sedangkan bagi Anda yang jarang menggunakannya, harus rutin memanaskan motor. Alasannya karena kotoran yang menempel bisa menjadi sumber karat di bagian dalam dan luar. 

Selain itu juga akan muncul bercak kuning akibat kotoran tersebut. Jadi akan lebih baik untuk rutin memanaskan motor agar kotoran tersebut tak terlalu lama menempel. 

    2. Membersihkan lubang pada silincer

Tak lupa juga untuk rutin membersihkan lubang pada silincer setiap dua bulan sekali. Langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga agar leher pada knalpot tidak mudah berkarat. 

Selain itu juga menjaga agar suara yang dikeluarkan oleh mesin tidak terlalu bising. Pasalnya peredam yang digunakan masih tetap berkualitas baik dan bisa bekerja dengan benar. 

    3. Bersihkan karat dan oleskan oli

Apabila saat Anda sedang membersihkan ternyata muncul karat maka segera bersihkan. Anda bisa membersihkan dengan air sabun dan sikat kemudian keringkan. Setelah bersih langsung oleskan oli pada bagian leher knalpot. 

Baca Juga : Apa Itu SWDKLLJ Pada STNK? Ini Fungsinya dan Cara Klaimnya

Terakhir panaskan kendaraan, tujuannya agar oli meresap ke bagian yang dioleskan dan tampilan jadi semakin bersih. 

    4. Rutin mencuci kendaraan

Selain memanaskan dan membersihkan karat perawatan rutin yang tidak boleh dilewatkan adalah soal kebersihan kendaraan. Khususnya jika Anda sering melewati area kotor saat musim hujan. 

Debu dan kotoran bisa langsung bersih jika Anda rutin mencuci kendaraan. Jangan biarkan kotoran melekat dalam waktu yang lama. 

Apabila Anda ingin melakukan pengecekan kondisi knalpot kendaraan bisa langsung melakukannya di bengkel resmi Suzuki terdekat. Agar Anda mengetahui bengkel Suzuki terdekat bisa dengan mengunjungi salah satu dari 9 website resmi berikut ini. 

  1. Nusantara Jaya Sentosa (NJS) di wilayah Bandung: www.suzukinjs.co.id
  2. Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di wilayah Cirebon: www.suzukicintadamai.co.id
  3. Arindo Gedong Jembar (AGJ) di wilayah  Tegal: www.suzukiarindo.co.id
  4. Sejahtera Sunindo Trada( SST) di wilayah  Semarang: www.suzukitradajateng.co.id
  5. Solo Indonesia Utama (SIU) di wilayah Solo: www.suzukisurakarta.co.id
  6. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) di wilayah Yogyakarta: www.suzukisumberbaru.co.id
  7. United Motor Centre (UMC) di wilayah Surabaya: www.suzukiumc.co.id
  8. Sejahtera Buana Trada (SBT) di wilayah Surabaya: www.suzukitradajateng.co.id
  9. United Indo Bali (UIB) di wilayah Bali: www.suzukibali.id

Pilihlah dealer Suzuki terdekat dari lokasi Anda saat ini dan kunjungi langsung websitenya. Melalui website tersebut Anda bisa memilih manakah bengkel terdekat dan bisa langsung menjadwalkan booking untuk service

Apabila Anda merasakan terdapat kerusakan pada knalpot dan memerlukan suku cadang bisa juga memesannya melalui website tersebut. Cukup dengan mengisi formulir sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Kini semua pelayanan servis hingga pembelian semua kendaraan Suzuki jadi lebih mudah dengan hadirnya kesembilan website ini. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya