Tips & Trik

Banyak Yang Belum Tahu, Ini Fungsi Knalpot Sebenarnya

PUBLISHED DATE : 09 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/fungsi_dari_knalpot.jpg

Terdapat teknologi catalytic converter yang fungsinya mengkonversi karbon dari sisa pembakaran. Dengan begitu setiap kendaraan bisa digunakan lebih efisien dan polusi udara pun berkurang. 

    5. Bermanfaat untuk Mengurangi Berat Kendaraan 

Fungsi knalpot yang terakhir adalah kemampuannya dalam mengurangi bobot kendaraan. Beberapa jenis knalpot yang jadi standar dari pabrikan menggunakan material dan dimensi yang bervariasi. 

Penggunaan knalpot yang ringan akan membuat kendaraan jadi bisa berakselerasi menggunakan handling lebih bagus. Kebanyakan jenis knalpot ini digunakan untuk kendaraan yang performanya tinggi.

Bagian-Bagian dari Knalpot Kendaraan

knalpot

Selain mempelajari fungsi knalpot, Anda juga perlu tahu apa saja bagian yang ada di dalamnya. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda nantinya dalam proses perawatan. Berikut ini beberapa bagian yang dimiliki knalpot.

    1. Header

Bagian ini langsung tersambung dengan mesin kendaraan. Jumlah dari header sendiri tergantung pada jumlah silinder yang dimiliki oleh kendaraan. Fungsi dari header adalah untuk menghubungkan sistem knalpot secara keseluruhan. 

Khususnya dalam sistem gas buang yang merupakan sisa dari hasil pembakaran mesin di ruang bakar. 

    2. Resonator

Bagian yang kedua ini merupakan saringan yang fungsi utamanya adalah untuk menyaring suara bising ketika terjadi pembakaran. Semua ledakan akan disaring melalui resonator. 

Apabila bagian ini dihilangkan maka Anda akan mendengarkan suara yang sangat mengganggu, meskipun knalpot masih terpasang. 

    3. Silincer 

Bagian terakhir adalah silincer yang fungsinya juga mirip dengan resonator hanya saja letaknya berbeda yaitu di ujung untuk motor. Sedangkan kendaraan roda empat memiliki letak silincer yang terpisah dengan resonator. 

    4. Chamber

Di atas sudah disebutkan soal chamber yang jadi bagian dari knalpot dan bisa menjadikan tenaga kendaraan meningkat. Chamber hanya terdapat pada motor 2 tak saja. 

Cara Merawat Knalpot dengan Benar

Sebagai pemilik kendaraan, bukan hanya fungsi knalpot yang harus Anda belajar tetapi juga bagaimana cara merawatnya. Ada beberapa perawatan yang bisa dengan mudah Anda lakukan sebagai berikut ini. 

    1. Memanaskan motor dengan rutin

Jika Anda sering menggunakan kendaraan maka knalpot akan bersih dengan sendirinya. Sedangkan bagi Anda yang jarang menggunakannya, harus rutin memanaskan motor. Alasannya karena kotoran yang menempel bisa menjadi sumber karat di bagian dalam dan luar. 

Selain itu juga akan muncul bercak kuning akibat kotoran tersebut. Jadi akan lebih baik untuk rutin memanaskan motor agar kotoran tersebut tak terlalu lama menempel. 

    2. Membersihkan lubang pada silincer

Tak lupa juga untuk rutin membersihkan lubang pada silincer setiap dua bulan sekali. Langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga agar leher pada knalpot tidak mudah berkarat. 

Selain itu juga menjaga agar suara yang dikeluarkan oleh mesin tidak terlalu bising. Pasalnya peredam yang digunakan masih tetap berkualitas baik dan bisa bekerja dengan benar. 

    3. Bersihkan karat dan oleskan oli

Apabila saat Anda sedang membersihkan ternyata muncul karat maka segera bersihkan. Anda bisa membersihkan dengan air sabun dan sikat kemudian keringkan. Setelah bersih langsung oleskan oli pada bagian leher knalpot. 

Terakhir panaskan kendaraan, tujuannya agar oli meresap ke bagian yang dioleskan dan tampilan jadi semakin bersih. 

    4. Rutin mencuci kendaraan

Selain memanaskan dan membersihkan karat perawatan rutin yang tidak boleh dilewatkan adalah soal kebersihan kendaraan. Khususnya jika Anda sering melewati area kotor saat musim hujan. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya