Tips & Trik

Banyak Yang Belum Tahu, Ini Fungsi Knalpot Sebenarnya

PUBLISHED DATE : 09 Juni 2021

Fungsi Dari Knalpot

Sisa pembakaran mengandung karbondioksida yang dilepaskan ke udara. Kandungan ini sangatlah berbahaya bagi lingkungan dan menjadi sumber polusi. Kini knalpot juga difungsikan sebagai alat untuk mengurangi polusi. 

Terdapat teknologi catalytic converter yang fungsinya mengkonversi karbon dari sisa pembakaran. Dengan begitu setiap kendaraan bisa digunakan lebih efisien dan polusi udara pun berkurang. 

    5. Bermanfaat untuk Mengurangi Berat Kendaraan 

Fungsi knalpot yang terakhir adalah kemampuannya dalam mengurangi bobot kendaraan. Beberapa jenis knalpot yang jadi standar dari pabrikan menggunakan material dan dimensi yang bervariasi. 

Penggunaan knalpot yang ringan akan membuat kendaraan jadi bisa berakselerasi menggunakan handling lebih bagus. Kebanyakan jenis knalpot ini digunakan untuk kendaraan yang performanya tinggi.

Bagian-Bagian dari Knalpot Kendaraan

knalpot

Baca Juga : Sering Gonta-Ganti BBM? Ini Efeknya

Selain mempelajari fungsi knalpot, Anda juga perlu tahu apa saja bagian yang ada di dalamnya. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda nantinya dalam proses perawatan. Berikut ini beberapa bagian yang dimiliki knalpot.

    1. Header

Bagian ini langsung tersambung dengan mesin kendaraan. Jumlah dari header sendiri tergantung pada jumlah silinder yang dimiliki oleh kendaraan. Fungsi dari header adalah untuk menghubungkan sistem knalpot secara keseluruhan. 

Khususnya dalam sistem gas buang yang merupakan sisa dari hasil pembakaran mesin di ruang bakar. 

    2. Resonator

Bagian yang kedua ini merupakan saringan yang fungsi utamanya adalah untuk menyaring suara bising ketika terjadi pembakaran. Semua ledakan akan disaring melalui resonator. 

Apabila bagian ini dihilangkan maka Anda akan mendengarkan suara yang sangat mengganggu, meskipun knalpot masih terpasang. 

    3. Silincer 

Bagian terakhir adalah silincer yang fungsinya juga mirip dengan resonator hanya saja letaknya berbeda yaitu di ujung untuk motor. Sedangkan kendaraan roda empat memiliki letak silincer yang terpisah dengan resonator. 

    4. Chamber

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya