Tips & Trik

Tak Perlu Beli, Ini Cara Membuat Cairan Disinfektan di Rumah

PUBLISHED DATE : 28 Mei 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/membuat_cairan_disinfektan.jpg

Hampir semua Negara di dunia sedang mengalami virus berbahaya sekaligus mematikan yang menyerang saluran pernafasan. Virus Corona atau Covid-19 dapat dihindari dengan cara rajin mencuci tangan, menjaga daya tahan tubuh, dan bersihkan tempat tinggal dengan cairan disinfektan.

Belum ada obat resmi untuk virus ini. Sedangkan cairan ini sendiri kini tergolong langka. Berkaitan dengan itu, Anda bisa membuat cairan tersebut sendiri tanpa harus membelinya. Namun sebelumnya, kenali dulu apa pengertiannya dan bagaimana cara membuatnya.

Pengertian Disinfektan

Baca Juga : Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Mesin Kapal Tempel

Cairan ini merupakan pembersih cair dari bahan berupa hidrogen peroksida, yakni alkohol yang mampu membunuh bakteri, virus, kuman dan mikroorganisme lain yang bersarang pada suatu permukaan atau benda di sekitarnya.

Virus Corona tidak bisa diprediksi berada dimana, untuk mewaspadai adanya virus di sekitar rumah, Anda bisa menggunakan cairan tersebut agar kondisi rumah lebih bersih dan terhindar dari virus maupun bakteri lainnya.

Virus Corona bisa bertahan pada permukaan benda maksimal selama 4 jam. Nah, dalam hal ini Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli cairan pembunuh kuman tersebut yang dijual di pasaran. Khususnya bagi yang bisa membuatnya sendiri

Baca Juga : 5 Aplikasi GPS Terbaik Menemani Perjalanan Kamu

Cairan disinfektan sering digunakan untuk membersihkan beberapa tempat atau area yang sering disentuh orang lain. Karena mengandung konsentrat yang tinggi, ia terbukti efektif untuk membunuh virus dan bakteri akibat disentuh oleh manusia.

Cara Membuat Cairan Disinfektan

Ketika kehabisan, Anda tidak perlu gelisah karena cairan pembunuh kuman ini bisa dibuat sendiri dengan beberapa bahan dan alat yang mudah ditemukan. Bahan utama pembuatan cairan tersebut adalah benzalkonium klorida pada karbol atau natrium hipoklorit pada pemutih.

Baca Juga : Yuk Perhatikan Durasi Maksimal Mengemudi Biar Terhindar Dari Kecelakaan

Saat membuat cairan tersebut sendiri, sebaiknya hanya mencampurkan bahan utama dengan air putih. Jangan menggunakan campuran bahan kimia lain karena akan membahayakan diri Anda. Efek dari cairan itu berupa iritasi kulit, dan kematian apabila menghirup uap dari pencampuran bahan yang salah.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

cairan disinfektan

Sebelum membuat cairan disinfektan sendiri di rumah, sebaiknya siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, alat dan bahan ini sangat mudah ditemukan di sekitar hunian Anda.

Selengkapnya, disini Anda memerlukan botol semprot plastik, 1 liter cairan pemutih, air bersih, botol kaca dengan penutup, gelas ukur, lap atau kain fiber yang lembab, sarung tangan dan masker. Pastikan menyiapkan keperluan ini secara lengkap sehingga bisa proses pembuatannya lebih mudah.

Disini, sangat penting untuk memahami teknik yang benar dalam membuat cairan ini agar tercipta kadar yang tepat. Pada beberapa produk pemutih yang dijual dipasaran mengandung 2,5 – 5% kadar. Selanjutnya, tinggal campurkan dengan air agar kadar cairan pemutih berubah menjadi 0,025 – 0,05%.

Lebih lanjutnya, sebenarnya tidak hanya pemutih yang bisa digunakan. Bahan-bahan yang bisa Anda pertimbangkan dalam membuat disinfektan sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Cairan Pemutih

    Cairan pemutih pakaian mengandung konsentrat yang tinggi dan ampuh dalam membunuh kuman serta virus. Anda bisa mengambil 2 sendok makan cairan pemutih kemudian larutkan dengan air sebanyak 1 liter.

  2. Karbol
    Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya