Tips & Trik

Tak Perlu Beli, Ini Cara Membuat Cairan Disinfektan di Rumah

PUBLISHED DATE : 28 Mei 2020

Membuat Cairan Disinfektan

Virus Corona tidak bisa diprediksi berada dimana, untuk mewaspadai adanya virus di sekitar rumah, Anda bisa menggunakan cairan tersebut agar kondisi rumah lebih bersih dan terhindar dari virus maupun bakteri lainnya.

Virus Corona bisa bertahan pada permukaan benda maksimal selama 4 jam. Nah, dalam hal ini Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli cairan pembunuh kuman tersebut yang dijual di pasaran. Khususnya bagi yang bisa membuatnya sendiri

Cairan disinfektan sering digunakan untuk membersihkan beberapa tempat atau area yang sering disentuh orang lain. Karena mengandung konsentrat yang tinggi, ia terbukti efektif untuk membunuh virus dan bakteri akibat disentuh oleh manusia.

Cara Membuat Cairan Disinfektan

Ketika kehabisan, Anda tidak perlu gelisah karena cairan pembunuh kuman ini bisa dibuat sendiri dengan beberapa bahan dan alat yang mudah ditemukan. Bahan utama pembuatan cairan tersebut adalah benzalkonium klorida pada karbol atau natrium hipoklorit pada pemutih.

Baca Juga : 5 Bunyi Mengganggu Pada Mobil Yang Harus Anda Perhatikan

Saat membuat cairan tersebut sendiri, sebaiknya hanya mencampurkan bahan utama dengan air putih. Jangan menggunakan campuran bahan kimia lain karena akan membahayakan diri Anda. Efek dari cairan itu berupa iritasi kulit, dan kematian apabila menghirup uap dari pencampuran bahan yang salah.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

cairan disinfektan

Sebelum membuat cairan disinfektan sendiri di rumah, sebaiknya siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, alat dan bahan ini sangat mudah ditemukan di sekitar hunian Anda.

Selengkapnya, disini Anda memerlukan botol semprot plastik, 1 liter cairan pemutih, air bersih, botol kaca dengan penutup, gelas ukur, lap atau kain fiber yang lembab, sarung tangan dan masker. Pastikan menyiapkan keperluan ini secara lengkap sehingga bisa proses pembuatannya lebih mudah.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya