Tips & Trik

Wajib Tahu! Penyebab Mesin Kapal Tempel Jadi Overheat

PUBLISHED DATE : 13 Desember 2022

SIS Nov Blog 6 (1)

Meskipun berkendara di perairan, tidak menutup kemungkinan mesin perahu atau motor tempel Anda untuk mengalami overheat atau terlalu panas. Banyak faktor yang bisa menyebabkan motor tempel jadi terlalu panas, berikut adalah rangkuman yang dilengkapi dengan cara mengatasinya apabila Anda mengalami motor tempel yang overheat sewaktu-waktu. 

  • Penyumbatan Filter Air

Penyebab utama mesin perahu atau motor tempel overheat adalah kendala pada filter air. Di mana komponen ini bertugas menyaring kotoran dan partikel-partikel berbahaya yang bisa mengganggu kinerja mesin jika masuk ke ruang pembakaran. Saat mesin terlalu panas, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan filter air dengan mengikuti selang yang mengalir dari pompa air Anda ke bagian bawah lambung kapal. Jika Anda mendapati bagian tersebut tersumbat, segera bersihkan agar bisa bekerja kembali dengan optimal.

  • Bagian In Take Tersangkut Kotoran 

Adanya kotoran seperti tanaman-tanaman di air atau bahkan sampah yang menyangkut pada bagian in take, adalah hal yang tak kalah sering jadi penyebab mesin perahu atau motor tempel jadi overheat. Hal ini disebabkan karena kinerja pompa air kapal menghasilkan daya hisap yang besar, kotoran bahkan puing-puing seperti tadi sifatnya mudah tersedot dan menyumbat asupan air utama. 

  • Kerusakan Pada Impeller 

Baca Juga : Tak Cuma Bahaya untuk Diri Sendiri, Lampu Sein Mati Juga Membahayakan Pengguna Jalan Lain

Penyebab lain dari mesin perahu yang overheat adalah kerusakan pada komponen impeller. Di dalam pompa yang terdapat pada motor tempel, biasanya terdapat karet kecil impeller yang berfungsi mengirimkan air dingin ke mesin Anda saat sedang bekerja. Seiring pemakaian, kualitas karet ini menurun atau bisa saja rusak akibat kotoran di dalam air. Karenanya, komponen ini harus sering diperiksa dan diganti sesuai kebutuhan agar kinerjanya tetap maksimal.

  • Kipas Yang Tidak Berfungsi

Motor tempel memiliki berbagai kompartemen yang jika tidak dilengkapi dengan sistem aliran udara yang baik, tentu akan menyebabkan mesin jadi cepat panas. Agar suhu tetap terkendali, pada motor tempel terdapat kipas pendingin yang menarik udara dari luar dan mengalirkannya ke sekitar ruang mesin. Sehingga, saat mesin bekerja tidak terjadi penumpukan panas berlebih di kompartemen mesin dapat menimbulkan kerusakan pada komponen penting lainnya. Jika mesin terlalu panas, Anda bisa juga melakukan pemeriksaan pada bagian kipas di motor tempel Anda. 

  • Kerusakan Komponen Mesin & Faktor Suhu

Suhu udara dan air di luar berpengaruh pada suhu pengoperasian mesin perahu Anda. Saat udara sangat panas, atau air sangat hangat, pastikan untuk berhati-hati dalam pengoperasian perahu Anda sampai Anda mengetahui pengaruhnya terhadap suhu mesin. Jika mesin terlalu panas akibat suhu di luar, Anda bisa memperlambat laju kapal sambil perlahan mengurangi beban bawaan Anda. 

Baca Juga : Tidak Sama, Ini Bedanya Modifikasi dan Custom Kendaraan

Kemudian faktor kerusakan internal pada mesin juga bisa memicu motor tempel jadi overheat. Jika mendapati kendala kerusakan internal pada mesin seperti ini, sebaiknya Anda segera menghubungi teknisi profesional untuk memperbaikinya. Hubungi layanan service Suzuki motor dengan mengunjungi https://www.suzuki.co.id/services/marine Dapatkan pelayanan servis yang lengkap dengan jaminan suku cadang yang 100% asli, yang akan membantu Anda mengatasi berbagai kendala pada motor tempel agar kembali berfungsi seperti sedia kala. 

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya