Tips & Trik

Perhatikan Gaya Berkendara Pada Jalanan Dengan Medan Ekstrem

PUBLISHED DATE : 05 Juli 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Perhatikan_Gaya_Berkendara_Pada_Jalanan_Dengan_Medan_Ekstrem.png

Pasti sudah banyak dari Anda tahu bahwa sistem pengereman motor matik itu rentan blong saat melintasi jalan yang menurun tajam. Faktor utama dari rentannya rem motor matik blog ini bukan karena adanya cacat produksi komponen rem dari pabrikan, melainkan akibat perilaku atau gaya berkendara para pengendara motor matik yang kurang tepat.

Saat melintasi medan ekstrem, seperti tanjakan dan turunan, sistem pengereman motor akan bekerja ekstra keras, lebih keras dibanding dengan melintasi jalanan dengan medan yang normal atau datar. Dampaknya, akan timbul yang namanya brake fading, atau penyusutan kemampuan rem yang diakibatkan oleh suhu yang panas.

Brake fading ini bisa terjadi akibat perilaku atau gaya berkendara para pengendara motor matik yang kurang tepat. Seperti diketahui, pada motor jenis matik tidak dilengkapi dengan mekanisme engine brake yang fungsinya membantu menahan laju sebuah kendaraan bermotor.

Baca Juga : Komponen Penting Mobil Ini Wajib Diperiksa Setelah Menempuh Perjalanan Jauh

Akibatnya, tidak sedikit pengendara motor matik yang menarik tuas rem terus menerus ketika melintasi jalan menurun. Jika tuas ini terus ditarik maka temperatur konstruksi rem akan menjadi panas. JIka komponen tersebut panas meskipun sudah direm maksimal, akan tetap blong alias tidak akan mampu menghentikan laju motor.

Kenapa bisa demikian? Penjelasan teknisnya, saat pengendara motor matik terus menekan tuas dalam jangka waktu yang lama atau terus-terusan, piringan dan kampas rem yang beradu akan menjadi cepat panas. Hal ini bisa berakibat panas menjalar ke kaliper dan akan membuat seal piston memuai. Seal piston yang macet tidak akan mampu menekan kampas secara sempurna dan akhirnya rem akan blong.

Karena itulah, jika melintasi jalanan menurun, cukup sesekali menekan tuas rem dan pastikan sebelum motor melintasi jalan menurun, kecepatan motor sudah dikurangi terlebih dahulu. Jika rem sudah terlanjur rusak dan harus diganti, segeralah ke bengkel resmi motor Suzuki yang selalu menyediakan suku cadang asli Suzuki, termasuk suku cadang rem motor.

Baca Juga : Efek Buruk Ketika Anda Lupa Mengganti Cairan Rem

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya