Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Penyebab Motor Brebet & Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 09 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/busi_motor.jpg

Kerusakan pada motor yang sering dipakai adalah hal biasa. Pasalnya ada beberapa komponen pada motor yang mungkin saja perlu diganti akibat penggunaan. Oleh karena itulah perawatan motor berkala di bengkel resmi wajib dilakukan. 

Salah satu masalah yang kerap kali dirasakan adalah motor brebet saat digas. Masalah brebet ini akan terasa ketika motor digas dan tarikan motor tersendat. Tentu hal ini tidak mengganggu ketika Anda sedang memanaskan motor. 

Namun Anda pasti terganggu ketika sedang mengendarainya apalagi saat ingin menyalip kendaraan lain. Apa penyebab motor brebet dan bagaimana cara mengatasinya tentu harus diketahui sejak awal. 

Baca Juga : SIM Mati? Ketahui biaya dan syarat perpanjang SIM ini

Apabila gejala brebet dibiarkan terus menerus, bisa saja terjadi kerusakan pada komponen mesin yang mahal. Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan hanya karena lalai dalam perawatan. 

8 Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya

Apabila dilihat secara umum mengenai masalah motor brebet adalah karena tidak sempurnanya mesin bekerja dalam membakar bensin. Bisa saja terjadi masalah dalam sistem pembakarannya. 

Baik itu penyebab motor brebet di rpm rendah atau tinggi secara lengkap akan diulas di sini. Anda jadi tahu juga bagaimana cara untuk mengatasinya dengan benar. Sehingga tidak perlu panik ketika gejala brebet mulai terasa saat sedang berkendara. 

Baca Juga : Begini Posisi yang Benar Saat Memegang Kemudi

Berikut ini beberapa penyebab motor brebet secara umum: 

    1. Tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai 

Penyebab motor brebet yang paling sering terjadi adalah karena bahan bakar yang tidak sesuai. Padahal setiap pabrikan kendaraan memiliki standar tersendiri mengenai bahan bakar. 

Baca Juga : Sering Gonta-Ganti BBM? Ini Efeknya

Harga bahan bakar yang lebih murah sering dijadikan alasan penggunaan yang tak standar. 

Padahal tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai bisa mempengaruhi masalah kompresi mesin. Kebanyakan motor baru menggunakan standar bahan bakar dengan oktan RON 92, sehingga pembakaran yang terjadi dalam mesin lebih sempurna. 

Bensin yang kualitasnya rendah akan menimbulkan knocking pada mesin sehingga brebet. Hal yang sama juga berlaku jika Anda menggunakan bahan bakar yang dicampur. Perbedaan kualitas inilah yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna. 

Satu-satunya solusi adalah dengan mengganti bahan bakar standar sesuai anjuran pabrik. Masalah brebet akan hilang selama bensin yang kualitasnya rendah sudah habis dan digantikan dengan yang baru

penyebab_motor_brebet

    2. Filter udara sudah kotor 

Penyebab motor brebet lainnya adalah filter udara kotor karena sudah digunakan dalam waktu yang lama. Debu dan kotoran menempel pada filter membuat udara yang masuk berkurang karena filter mengalami mampet. 

Filter udara tak hanya harus rutin untuk dibersihkan, melainkan juga perlu diganti secara berkala. Setiap beberapa ribu kilometer filter udara sudah tidak bisa lagi menyaring udara bersih walaupun dibersihkan dengan rutin, sehingga perlu diganti dengan yang baru. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya