Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Penyebab Motor Brebet & Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 09 April 2021

Busi Motor

Lama tidaknya penggantian ini tergantung lokasi pemakaian. Motor yang digunakan pada area perkotaan akan lebih cepat dalam penggantian filter udara. Dengan membersihkan atau menggantikan filter udara, maka pembakaran dalam mesin akan terjadi dengan baik. 

    3. Terjadi kerusakan pada busi

Busi bisa menjadi penyebab motor brebet di rpm tinggi karena busi tidak menciptakan percikan api untuk pembakaran dalam mesin. Kondisi busi yang kotor atau mulai renggang akan menjadi penyebab brebet saat motor di gas. 

Ciri busi yang mulai rusak adalah tampak berwarna kehitaman. Jika kotor maka Anda bisa mencoba untuk membersihkan dan memasangnya kembali. Namun jika ternyata distarter masih tidak mau menyala, artinya busi sudah mati atau tak bisa digunakan. 

Busi yang sudah mati tidak bisa menyalakan api sehingga pembakaran di dalam mesin tidak dapat terjadi. Apabila busi sudah mati solusi yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Sehingga percikan api tercipta pada ruang pembakaran.  

    4. Tangki bahan bakar kemasukan air

Penyebab motor brebet yang bahkan membuat motor tidak bisa menyala adalah masuknya air ke tangki bahan bakar. Air akan menyebabkan pembakaran terganggu karena mengurangi bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. 

Baca Juga : Dilarang Nyetir Mobil Pakai High Heels! Ini Alasannya

Air bisa masuk ke tangki bahan bakar biasanya karena salah dalam metode pencucian motor atau membeli bensin eceran. Seringkali penjual eceran lalai dalam memindahkan bensin ke dalam botol eceran sehingga terdapat endapan air. 

Solusi yang bisa dilakukan hanyalah menguras tangki bensin kemudian menggantinya dengan yang baru.Selain itu Anda juga perlu mengganti filter bensin yang sudah terkena air. Selama pengurasan, Anda juga perlu membersihkan kotoran yang mengendap pada tangki bensin. 

    5. Rusaknya sensor injeksi

Khusus motor injeksi, penyebab motor brebet bisa disebabkan oleh komponen injektornya. Apabila komponen ini rusak, maka pembakaran sudah pasti terganggu. Injektor mengalami kerusakan ketika Anda tidak menggunakan bahan bakar yang tepat. 

Selain itu kerusakan juga dipengaruhi oleh jarangnya melakukan perawatan komponen. Padahal injektor perlu dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus. Apabila rusak atau kotor, maka akan menyebabkan mesin jadi brebet. 

Cara mengatasinya adalah dengan rutin melakukan servis ke bengkel resmi Suzuki, sehingga jika injektor kotor bisa segera dibersihkan. Jangan lupa juga menggunakan jenis bahan bakar standar yang dianjurkan. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Pemutihan Pajak

Ketahui Apa Itu Pemutihan Pajak

Bingung dengan istilah "pemutihan pajak kendaraan"? Jangan khawatir, artikel ini akan menjelaskannya untuk Anda. Pemutihan pajak kendaraan adalah program khusus yang ditawarkan pem...

selengkapnya