Tips & Trik

Apa Itu Spakbor Pada Motor? Begini Fungsi dan Penjelasannya

PUBLISHED DATE : 18 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/spakbor_depan.jpg

Motor adalah kendaraan yang memiliki banyak komponen, dan salah satunya adalah spakbor. Lalu, sebenarnya apa itu spakbor? 

Sepertinya komponen ini masih terdengar asing di telinga Anda, padahal spakbor adalah salah satu komponen penting pada motor. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian yang ada di bawah ini.

Mengenal Pengertian Spakbor

Spakbor adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam motor dan memiliki beberapa fungsi. Spakbor ini biasanya terletak di bagian depan dan belakang motor. Adanya spakbor dapat menjadi pelindung bagi penumpang maupun pengendara agar tidak terkena cipratan air.

Baca Juga : Menambah Zat Aditif pada Bensin, Bolehkah?

Selain itu adanya spakbor pada motor ini juga bisa menambahkan kesan keren pada kendaraan, sehingga Anda akan lebih percaya diri ketika berkendara. Tanpa adanya spakbor, maka motor Anda tidak akan terlihat bagus karena terasa sangat monoton.

Adapun untuk desain dari spakbor biasanya mengikuti badan kendaraan dan tampilan motornya.

Hal ini dibuat agar Anda tidak memasang spakbor asal-asalan, karena tentu motor tidak akan menarik lagi untuk dilihat. Di bagian belakangnya juga mengikuti badan motor dan presisi agar kendaraan lebih elegan.

Baca Juga : Walau Kecil, Ini Fungsi Tutup Pentil Motor dan Mobil

Akan tetapi, saat ini sering kali pengguna asal melepas dan memasang spakbor dan dianggap ini tidak masalah. Padahal hal itu bisa menghilangkan fungsi spakbor tersebut.

Hal itu disebabkan karena kebanyakan orang masih belum terlalu mengetahui apa fungsi spakbor sebenarnya.

Fungsi Spakbor Pada Motor

  • Melindungi Pengendara dan Penumpang Dari Cipratan Air

Fungsi spakbor kolong yang pertama adalah untuk melindungi Anda dari cipratan air. Tentu biasanya jika sehabis hujan akan terdapat genangan di tengah jalan dan Anda tidak ingin terkena cipratan yang bisa membuat pakaian kotor bukan? 

Baca Juga : Catat, Ini Cara Blokir STNK Motor dan Mobil Online

Dalam kondisi ini, ketika motor Anda melewati sebuah genangan air, maka hal yang akan dilakukan spakbor adalah menghalangi cipratan baik yang berasal dari roda belakang atau depan. Bentuk dari spakbor ini juga bervariasi, yakni ada yang seperti kuping gajah, belalai maupun berbentuk kecil. 

Bayangkan jika tidak ada spakbor. Tengtu motor Anda akan kotor dipenuhi dengan cipratan bekas air hujan. Ini juga bisa mengenai pengendara lain yang dekat dengan Anda. Untuk menjaga fungsi ini, yang tidak kalah penting adalah jangan sampai memotong ukuran spakbor karena bisa menghilangkan fungsinya.

  • Menambah Elegan Tampilan Motor Anda

Fungsi spakbor berikutnya adalah agar Anda bisa semakin percaya diri ketika berkendara. Desain spakbor yang sangat apik, elegan dan sporty, sehingga mampu menambah nilai estetika pada motor. Tapi jangan jadikan hal ini alasan untuk memasang spakbor sesuai keinginan. 

Alangkah baiknya biarkan saja spakbor berada di posisi saat Anda membeli motor pertama kali. Alasannya karena pihak produsen sudah memikirkan matang-matang bagaimana spakbor dapat terpasang dengan tepat di motor tersebut dan sekaligus bisa berfungsi dengan baik. 

  • Menambah Keamanan dan Kenyaman Pengendara

Setelah mengetahui apa itu spakbor dan beberapa fungsi di atas, ternyata komponen ini juga memiliki fungsi yang lain. Fungsinya yaitu untuk menambah keamanan dan kenyaman dari pengendara. Jadi pihak produsen telah memikirkan mengapa desain spakbor harus mengikuti badan motor. 

Sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 Pasal 40 bahwa spakbor merupakan komponen yang wajib terpasang di setiap kendaraan baik motor maupun mobil. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh menganggap remeh dengan melepas dan memasang spakbor. 

  • Agar Aman dari Tilangan Polisi

Fungsi pemasangan spakbor yang lain adalah agar Anda terhindar dari tilangan polisi. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam peraturan pemerintah di atas, maka hal itu harus dipatuhi. Apabila Anda melakukan pelanggaran dengan tidak menggunakan spakbor, maka bisa ditilang polisi.

Pihak kepolisian akan meminta Anda untuk membayar denda sebesar Rp 250.000. Atau yang paling parah adalah Anda akan dimasukkan ke dalam penjara paling lama 1 bulan. Sebenarnya hal ini juga berlaku untuk komponen lainnya seperti helm, surat-surat kendaraan, dan kelengkapan lain.

  • Mencegah Kotoran Merusak Komponen Lainnya
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya