Tips & Trik

Balancing Pelek Motor, Seberapa Penting Hal Ini Dilakukan?

PUBLISHED DATE : 21 Oktober 2023

Pelek Motor

Melalui balancer, selain mengetahui bagian mana perlu penanganan, Anda juga dapat mengetahui seberapa banyak lempeng timah yang perlu ditambahkan untuk pelek motor.

Sebagai informasi, penambahan unsur timah ini merupakan dasar dari proses balancing, karena berfungsi untuk membantu memberikan keseimbangan pada pelek.

Ada berbagai ukuran pecahan lempeng timah yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, mulai dari yang berukuran 5 gram sampai 60 gram.

  • Memutar Pelek dan Mengukur Distribusinya

Setelah pemasangan lempeng timah, maka pelek akan kembali diukur. Pelek akan diputar beberapa kali hingga nantinya muncul angka 0 pada layar balancer. Jika sudah berada di posisi 0, maka itu berarti pelek sudah seimbang.

  • Melakukan Pemasangan Kembali jika Sudah Seimbang

Ketika sudah dipastikan berada dalam kondisi seimbang, maka pelek dapat dipasang kembali pada kendaraan motor, begitu pula untuk bannya.

Itulah berbagai langkah untuk melakukan balancing pelek. Meski terdengar sederhana dan mudah, namun hal ini akan sulit untuk dilakukan sendiri di rumah, sehingga umumnya dilakukan di bengkel oleh teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Alasan Pentingnya Balancing Pelek Motor

Baca Juga : Jenis-Jenis Antena Radio Mobil dan Cara Perawatannya

Balancing pelek dapat memberikan keseimbangan pada motor Anda ketika dikendarai, sehingga hal ini menjadi penting untuk dilakukan. Selain itu, berikut adalah berbagai manfaat lain yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan balancing.

  • Meminimalisir Gejala Getaran

Pertama, Anda dapat meminimalisir gejala getaran yang timbul ketika sedang mengendarai motor.

  • Motor Lebih Stabil, Termasuk untuk Kecepatan Tinggi

Jika Anda sering memiliki keperluan untuk mengendarai motor dalam kecepatan tinggi, maka tentunya keseimbangan motor perlu sangat dijaga, sehingga balancing sebaiknya dilakukan secara rutin.

  • Mencegah Gejala Ban Menipis

Selanjutnya, proses balancing juga dapat mencegah munculnya gejala ban menjadi tipis atau botak di sebagian tempat.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Melakukannya?

Sebelumnya, telah dijelaskan berbagai alasan penting dan manfaat dari balancing pelek untuk kendaraan motor. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak mengabaikan tindakan perawatan yang satu ini!

Jika balancing ini tidak dilakukan, maka perjalanan Anda bisa menjadi kurang nyaman. Kondisi ban juga menjadi tidak stabil dan bisa saja menimbulkan berbagai risiko keselamatan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya