Tips & Trik

Ternyata, Ini Fungsi Release Fork dalam Sistem Kopling

PUBLISHED DATE : 19 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/28428793_s.jpg

Apa itu release fork? Bagaimana cara kerja dari komponen tersebut pada sistem kopling kendaraan bermotor, dan apa fungsi utamanya?

Jika Anda tidak mengetahui jawaban dari ketiga pertanyaan di atas, silakan simak pembahasan di bawah hingga tuntas!

Pengertian Release Fork

Baca Juga : Perlukah Ganti Ban Motor Saat Musim Hujan?

Sebagaimana diketahui, mobil adalah kendaraan yang kompleks. Di dalamnya terdapat berbagai sistem yang bekerja secara bersamaan. Setiap sistem memiliki komponen yang tidak sedikit. Apabila satu komponen rusak, maka fungsi tiap sistem ini tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Ini juga berlaku di sistem kopling alias transmisi setiap kendaraan. Untuk mendukung sistem bekerja secara normal, diperlukan beberapa komponen yang bisa bekerja dengan baik, seperti pedal kopling, tutup kopling, release bearing, dan release fork.

Lantas apa pengertian dari komponen yang terakhir disebutkan di atas? Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata ini berarti garpu pembebas. 

Baca Juga : Ini Keunggulan Spesifikasi Keyless GSX-R150

Bentuk komponen yang satu ini serupa dengan garpu. Sekilas, benda ini juga sama seperti ketapel. Ukurannya bisa kecil atau besar, tergantung dipakai pada kendaraan roda empat jenis apa. 

Biasanya, garpu pembebas ukuran kecil digunakan untuk kendaraan roda empat berukuran kecil, seperti mobil sedan, SUV, atau 4x4. Sementara itu, kendaraan semacam truk dan bus menggunakan ukuran yang panjang dan yang berdiameter cukup besar.

Cek fungsi release fork di halaman berikutnya.

Baca Juga : Ini Efek Membersihkan Karburator Pakai Bensin

__________________________________________________________________________________________________

Fungsi Release Fork

Apakah fungsi release fork pada sistem kopling? Secara umum, fungsinya sebagai alat untuk meneruskan tenaga mekanis auto cylinder ke release bearing

Biasanya komponen satu ini akan bekerja ketika menekan release bearing. Apabila terdapat kerusakan karena pemakaian yang buruk, fungsi release fork akan mengalami kemacetan. Hal tersebut membuat pengendara terhambat dalam memindahkan kopling kendaraan.

Tidak jarang, garpu pembebas putus sewaktu Anda menggunakannya. Penyebabnya biasanya karena komponen tersebut berusia tua dan dipenuhi karat di berbagai sisinya sehingga ketahanannya berkurang.

Jika kejadian di atas terjadi, Anda harus menggantinya dengan yang baru. Untuk memperoleh garpu pembebas yang baru, Anda dapat membelinya di bengkel resmi terdekat.

Namun, biasanya harga komponen yang dibeli di bengkel resmi akan sedikit lebih mahal. Hal tersebut wajar mengingat Anda harus membayar biaya pemasangan kepada montir. Jumlah rincinya sendiri ditentukan oleh masing-masing bengkel. 

Cara Kerja Release Fork

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya