Tips & Trik

Ternyata, Ini Fungsi Release Fork dalam Sistem Kopling

PUBLISHED DATE : 19 Maret 2022

28428793 S

_________________________________________________________________________________________________

Pada sistem mekanik, pedal memberikan dorongan kepada kabel pembebas. Kabel tersebut dapat menggerakkan garpu pembebas. Namun, proses ini berjalan cukup lambat.

Sementara di sistem hidrolik, minyak yang berada di bagian oli ditekan sehingga bisa keluar. Nantinya, minyak tersebut akan melumasi garpu pembebas. Kemudian, komponen tersebut dapat menggerakkan komponen lain pada rangkaian sistem kopling mobil.

Komponen Lain di Sistem Kopling Mobil

100260427_s

Sistem kopling mobil sebenarnya cukup kompleks. Diperlukan beberapa komponen untuk menjalankan fungsi utama sistem ini. Selain garpu pembebas, masih ada komponen penting dalam rangkaian ini, seperti yang terdapat dalam daftar di bawah ini.

  • Pedal

Pedal adalah komponen terluar dalam sistem kopling mobil, baik pada mobil manual maupun automatic. Alat ini menggunakan sistem pengungkit. Dengan ini, pedal berfungsi sebagai media penghubung dengan master silinder kopling.

  • Master Silinder Kopling

Baca Juga : Mari Mengenal Fungsi Blok Silinder Mobil dan Komponennya

Selain pedal, master silinder kopling adalah komponen vital lain pada sistem transmisi kendaraan. Komponen ini berperan sebagai alat untuk mengubah tenaga mekanis dari pedal menjadi hidrolik. 

Pada bagian mana master silinder kopling terpasang, cek di halaman berikutnya.

_________________________________________________________________________________________________

Dalam menjalankan fungsinya tersebut, master silinder kopling dibekali piston. Piston tersebut terhubung pada sistem pengereman mobil. Di bagian kepalanya terdapat saluran pendingin yang berguna melindungi mesin dari panas berlebih.

  • Master Silinder Kopling Atas dan Bawah

Master silinder kopling terbagi menjadi dua bagian, yaitu atas dan bawah. Bagian atas disebut sebagai master clutch dan bagian bawah disebut dengan power clutch.

Master clutch berguna untuk menerima tekanan dari pedal kopling untuk selanjutnya diteruskan ke power clutch. Master silinder kopling bagian bawah nantinya akan menyalurkan tekanan ke garpu pembebas alias release fork

  • Actuator Cylinder

Actuator Cylinder berada di dalam master silinder kopling. Oleh karena itu, komponen ini sebenarnya masih terhubung dengan komponen sebelumnya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya