Tips & Trik

Balancing Pelek Motor, Seberapa Penting Hal Ini Dilakukan?

PUBLISHED DATE : 21 Oktober 2023

Pelek Motor

Keseimbangan yang tidak stabil biasanya akan lebih terasa ketika harus menempuh perjalanan panjang atau ketika sedang berkendara dengan kecepatan tinggi.

Perbedaan Balancing Pelek Motor dan Mobil

Pada dasarnya, baik kendaraan motor maupun mobil, perlu dilakukan balancing pelek secara rutin untuk menjaga kestabilan dan performa kendaraan. Konsep tindakannya pun tidak jauh berbeda, yaitu dengan memanfaatkan tambahan timah untuk menyeimbangkan pelek.

Namun, jika melihat dari cara untuk melakukan prosesnya, maka ada perbedaan dari keduanya. Untuk balancing pelek pada motor, maka biasanya hanya dilakukan terhadap satu titik keseimbangan atau yang umum disebut static.

Selanjutnya, untuk kendaraan mobil, maka ada berbagai perhitungan lainnya yang perlu diperhatikan sehingga disebut dengan proses dynamic.

Ciri-Ciri Motor Perlu Balancing Pelek

Ketika motor Anda perlu balancing pelek, maka ada beberapa ciri-ciri yang umumnya dapat dirasakan, misalnya:

  • Setir Motor Bergetar

Pertama, ketika setir motor Anda terasa bergetar saat digunakan. Ini bisa menjadi pertanda bahwa motor tersebut sudah mulai kurang seimbang dan bisa memicu berbagai risiko bahaya.

  • Setir Terasa Bera

Baca Juga : Cari Tahu Apa Itu Silencer Knalpot Serta Bahan dan Fungsinya

Selain setir yang bergetar, setir yang terasa berat pun sebaiknya Anda waspadai. Segera lakukan balancing jika hal tersebut mulai mengganggu Anda dalam berkendara.

  • Tidak Nyaman untuk Berkendara pada Kecepatan Tinggi

Jika Anda berkendara pada kecepatan tinggi, maka berbagai jenis kerusakan pun biasanya akan lebih mudah terasa.

Ketika mulai merasa kurang nyaman, maka bisa saja ada masalah pada bagian pelek dan perlu tindakan balancing.

  • Keseimbangan Berkurang atau Bahkan Hilang

Jika tidak melakukan balancing, maka motor Anda akan cenderung tidak seimbang. Ketika Anda mulai merasakan ciri-ciri tersebut, maka sebaiknya segera lakukan tindakan perawatan yang tepat.

Itulah berbagai penjelasan tentang komponen pelek pada motor serta proses balancing yang ternyata sangat penting untuk dilakukan. Jika Anda merupakan pemilik kendaraan motor, maka tentunya informasi ini dapat menjadi referensi penting.

Tentu saja, menjaga pelek motor dan berbagai komponen lainnya sebaiknya dilakukan dengan tepat. Maka dari itu, pastikan  bahwa Anda telah melakukan servis rutin di bengkel resmi dari Suzuki!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya