Tips & Trik

Balancing Pelek Motor, Seberapa Penting Hal Ini Dilakukan?

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/pelk_motor.jpg

Bagi Anda yang masih menganggap balancing pada kendaraan bermotor ini tidak terlalu perlu untuk dilakukan sebaiknya segera meyakinkan diri untuk melakukannya. Tentu saja mencegah kerusakan akan lebih baik daripada membahayakan diri dengan kondisi kendaraan yang tidak stabil.

Masalah yang Muncul jika Tidak Melakukan Balancing Pelek pada Motor

Anda tentunya tidak ingin bukan jika pelek yang tidak dirawat dengan baik memberikan masalah yang serius pada motor kesayangan? Oleh sebab itu, balancing pelek pada motor perlu menjadi hal yang Anda perhatikan.

Apabila Anda tidak melakukan balancing pelek ini maka akan dapat menimbulkan beberapa masalah yang tidak diinginkan. Ketika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi, motor akan terasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh ban motor yang tentunya tidak seimbang.

Selama dalam perjalanan Anda hanya akan merasakan perjalanan yang kurang nyaman. Ban motor yang tidak seimbang ini akan membuat kendaraan bergetar karena kondisi ban yang tidak stabil. Masalah ini mungkin tidak akan terasa jika Anda mengendarai dengan kecepatan sedang atau rendah.

Berkendara dengan kecepatan rendah akan membuat Anda semakin lama untuk sampai di tempat tujuan. Oleh karena itu, pelek pada kendaraan yang Anda miliki harus seimbang agar dapat digunakan dengan nyaman pada kecepatan yang tinggi.

Perbedaan Balancing Motor dan Mobil

Anda perlu mengetahui pada dasarnya balancing pelek pada motor dengan mobil tidak jauh berbeda. Balancing pada pelek motor biasanya dilakukan dengan satu titik keseimbangan, hal ini biasa disebut dengan istilah static.

Sementara itu, untuk balancing pada mobil dilakukan dengan menggunakan timah atau dynamic. Dalam hal ini lebar dari pelek mobil tersebut menjadi bahan perhitungan juga. Pada proses balancing ini, ban dimasukkan pada balancer dan akan terlihat bagian titik ban yang harus diseimbangkan.

Apabila titik keseimbangan telah diketahui, biasanya mekanik akan menggunakan timah sesuai dengan yang dibutuhkan. Mulai dari 5 gram hingga 20 gram tergantung berapa banyak timah yang diperlukan untuk balancing tersebut.

Ciri-ciri Kendaraan yang Perlu Balancing Pelek

Ketika memiliki dan menggunakan sebuah kendaraan, sedikit banyak tentunya Anda sudah bisa merasakan kendaraan nyaman atau tidak ketika digunakan. Hal ini berkaitan dengan balancing pelek yang perlu segera Anda lakukan ketika kendaraan memberikan ciri-ciri tersebut.

Ciri pertama Anda perlu melakukan balancing pelek adalah setir kendaraan akan bergetar ketika digunakan. Hal ini menjadi pertanda bahwa ban depan Anda mengalami sebuah masalah. Kemudian, jika setir kendaraan Anda terasa lebih berat dari biasanya ini menandakan Anda harus melakukan balancing.

Hilangnya keseimbangan ketika berkendara juga menjadi ciri-ciri kendaraan yang perlu balancing pelek. Apabila ciri-ciri tersebut ada pada kendaraan yang Anda gunakan sehari-hari, sebaiknya segera lakukan balancing pelek motor.

Keselamatan Anda ketika berkendara tentunya harus dijamin dengan melakukan perawatan rutin pada kendaraan. Hal tersebut akan membuat Anda merasa aman dan tidak khawatir dengan kondisi kendaraan yang tidak memadai. 

Selain itu untuk memastikan kenyamanan berkendara tetap terjamin, maka ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan dengan mengecek kondisi motor Anda di bengkel resmi Suzuki.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya