Tips & Trik

Awas, Ini Ciri Mesin Kapal Laut yang Akan Rusak

PUBLISHED DATE : 19 September 2021

Ruang Mesin Kapal

Selain itu Anda juga harus mengenali struktur mesin dengan lebih detail baik bagian dalam dan luarnya. Penting juga mempelajari rekaman perubahan dari laporan yang sudah dibuat sekaligus perawatan apa saja yang telah dilakukan. 

Ganti Oli Mesin, Salah Satu Perawatan Rutin Mesin Kapal 

Mesin kapal laut membutuhkan perawatan yang rutin khususnya soal penggantian oli mesin. Baik itu mesin utama maupun mesin tambahan dengan oli berkualitas seperti Suzuki ECSTAR untuk Outboard Machine. 

Pada bulan September 2021 ini Suzuki akan launching produk terbarunya yaitu oli ECSTAR yang menggantikan Suzuki Genuine Oli (SGO). 

Di antara produk olinya, Suzuki menciptakan  ECSTAR untuk Out Board Machine dengan tiga varian yang digunakan untuk oli kapal laut. Pelumas ECSTAR telah diformulasikan secara khusus untuk mesin Suzuki dan telah lolos pengujian berat. 

Pengujian tersebut meliputi kualitas, daya tahan, performa dan masih banyak lagi.  Ada tiga produk Suzuki Ecstar Out Board Machine yang bisa Anda pilih sebagai berikut. 

  1. V7000 ECSTAR 10W-40 SJ Semi Synthetic

Pelumas mesin 4T yang telah dikembangkan secara khusus sehingga mampu melindungi mesin secara optimal agar performanya lebih lancar. ECSTAR V700 telah menggunakan bahan aditif Viscosity Index Improver yang memudahkan mesin pada suhu rendah. 

Baca Juga : Ayo Mengenal Jangkar Kapal dan Apa Saja Jenisnya

Dikemas dalam ukuran 4 liter yang sudah dilengkapi dengan deterjen yang mampu menjaga komponen mesin tetap bersih. Kualitasnya tinggi sehingga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan digunakan pada jenis mesin 4T OBM. 

    2. V5000 ECSTAR 10W-40 SJ

Oli yang dikembangkan eksklusif dan sudah disetujui oleh Suzuki Motor Corporation, Japan. Dirancang agar dapat melindungi mesin dari masalah karat serta keausan. 

Viskositasnya lebih stabil dan penguapannya rendah. Digunakan untuk semua mesin 4T OBM. Tersedia kemasan 4 liter. 

    3. V2000 ECSTAR 2T Marine Engine Oil

Oli mesin yang memberikan hasil pembakaran lebih besar sehingga berdampak pada berkurangnya deposit karbon di ruang pembakaran. Mampu memberikan perlindungan pada mesin dari karat. 

Kinerjanya sangat baik pada mesin bersuhu rendah maupun tinggi.  Oli mesin yang dapat mencegah keausan serta kerusakan pada piston dan ring piston. Dikemas dalam 1 liter dan digunakan pada semua mesin 2T OBM. 

Anda tinggal pilih manakah Ecstar Out Board Machine yang sesuai dengan jenis mesin kapal

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya