Tips & Trik

Awas, Ini Ciri Mesin Kapal Laut yang Akan Rusak

PUBLISHED DATE : 19 September 2021

Ruang Mesin Kapal

Saat melakukan inspeksi mesin kapal laut dan menemukan kebocoran, jangan diabaikan. Kebocoran adalah hal paling berbahaya karena bisa membuat mesin mati. Bocor juga bisa memicu kebakaran pada kapal, banjir, hingga kecelakaan saat kapal sedang berlayar. 

Beberapa bagian mesin yang paling sering mengalami kebocoran adalah pada sistem perpipaan bahkan mesin. Periksa bagian tangki bahan bakar serta kebocoran oli yang bisa mempengaruhi masalah pergerakan mesin. 

Supaya bisa mendeteksi lebih dini kebocoran, Anda bisa membuat jadwal pengecekan secara rutin. Buat juga daftar bagian mana saja yang harus dicek secara detail.

mesin_kapal

    6. Penyimpangan Parameter Stabilitas Kapal 

Setiap kapal memiliki parameter stabilitas yang perlu dicatat dengan rapi supaya bisa menjadi informasi pelaut lainnya. Melalui catatan tersebut pelaut dapat membandingkan stabilitas kapal ketika sedang berlayar. 

Khususnya pada saat melakukan putaran, ketika terjadi penyimpangan dari parameter stabilitas kapal sebelumnya maka harus segera ditindaklanjuti. Pengecekan pada mesin dengan terperinci pun harus dilakukan, demi mencegah terjadinya kecelakaan. 

    7. Alarm Kapal Menyala 

Baca Juga : Sebelum Berangkat, Lengkapi Dulu Dokumen Kapal Yang Ada

Indikator lain yang bisa menjadi tanda mesin kapal laut mengalami masalah adalah menyalanya alarm. Ketika menyala artinya terdapat masalah besar yang terjadi, baik itu di bagian mesin atau struktur kapal. 

Masing-masing mesin biasanya memiliki alarm khusus yang bisa diperhatikan sehingga memudahkan pelaut untuk melakukan pengecekan. Contohnya saja alarm detektor kabut oli yang menyala pada mesin utama atau tambahan. 

Bisa juga alarm yang menyala menandakan bahwa suhu pada bak mesin dan suhu pembersih yang abnormal. Tidak sedikit kecelakaan kapal laut terjadi hanya karena pelaut menyepelekan alarm yang menyala ini. 

    8. Terjadi Perubahan Ampere 

Saat ini sudah banyak kapal yang memanfaatkan sistem elektrik untuk pengoperasiannya. Kemajuan ini juga membuat pelaut harus lebih rutin dalam mengecek arus yang dialirkan pada semua komponen mesin termasuk pompa.

Arus yang tinggi menjadi indikasi bahwa terjadi beberapa kerusakan seperti drum kopling dan gigi transmisi yang bermasalah. Bisa juga karena adanya tekanan mengais yang tinggi dari yang disediakan kipas. 

Supaya kedelapan tanda ini bisa Anda ketahui sejak dini maka pengamatan masalah pada semua sistem yang terhubung harus dilakukan dengan rutin. Contohnya saja ketika tangki ekspansi turun drastis maka Anda harus memeriksa adanya kebocoran pada mesin atau generator bahkan kompresor. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya