Tips & Trik

Apa Itu Tie Rod Mobil? Dan Apa Sajakah Fungsinya?

PUBLISHED DATE : 29 September 2020

Tie Rod Mobil

Seperti pada ulasan di depan, cara kerja tie rod ini adalah dengan cara meneruskan gerakan yang terjadi pada kemudi yaitu pada bagian steering gear menuju pada steering knuckle pada roda mobil. Jadi, saat kemudi digerakkan atau diputar oleh pengemudi, putaran batang setir akan diteruskan ke arqah roda.

Pada saat kemudi diputar, maka gerakan memutar yang terjadi pada batang setir akan diteruskan ke steering gear box dan berubah menjadi gerakan menarik atau mendorong.

Selanjutnya, tie rod akan meneruskan gerakan menarik dan mendorong ini ke arah roda mobil sehingga roda ikut berubah arah sesuai gerakan kemudi.

Penyebab Kerusakan Tie Rod Mobil Dan Ciri-Cirinya

Dalam keadaan normal, gerakan mobil juga akan berjalan dengan normal pula. Tetapi, ada saat tiba-tiba laju kendaraan Anda akan terasa seperti oleng pada kecepatan normal atau bahkan dalam kecepatan rendah.

Apabila hal ini terjadi, maka bisa dipastikan ada yang tidak beres pada kendaraan Anda. Kemungkinan terbesar penyebabnya adalah adanya kerusakan pada tie rod mobil Anda.

Baca Juga : Dinamo starter: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Memang, keadaan mobil yang berjalan seperti oleng bisa saja karena adanya kerusakan pada bagian lain. Tetapi karena salah satu fungsi alat ini adalah untuk menjaga kestabilan arah mobil, maka kerusakan pada alat ini bisa menjadi penyebabnya.

Untuk bisa memastikan apakah kerusakan disebabkan oleh tie rod atau bukan, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebagai ciri-ciri kerusakan dari alat ini. Yang pertama adalah, roda mobil terasa sedikit oblak saat digoyangkan.

Ciri kedua adalah tie rod saat diputar terasa enteng, dan karet pembungkus ball joint sudah robek. Penyebab kerusakan dari tie rod ini bisa dilihat dari ciri yang ada.

Apabila roda mobil sedikit oblak, dan tie rod terasa enteng saat diputar, maka penyebabnya adalah baut tie rod end kendor yang mengakibatkan mobil sedikit oleng. Dengan kembali mengencangkan, maka kerusakan sudah bisa diatasi.

Jika ciri kerusakan adalah karet pembungkus ball joint robek, maka jalan satu-satunya adalah dengan menggantinya. Ini karena karet tersebut berfungsi agar pelumas dalam ball joint tidak bocor yang mengakibatkan ball joint kering dan menimbulkan masalah yang lebih kompleks.

Selain itu, apabila kerusakan karena long tie rod bengkok, maka Anda harus menggantinya demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Dalam hal ini, Anda bisa membawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal terkait perbaikan tersebut.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya