Tips & Trik

Cara Mudah Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

PUBLISHED DATE : 25 Juni 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/107717687_s.jpg

Menjaga semua komponen yang ada di mobil adalah kewajiban pemilik. Salah satu komponen penting yang patut dijaga adalah ban mobil. Bersentuhan langsung dengan permukaan jalanan, membuat ban memerlukan perhatian khusus dari pemilik kendaraan.

Mengganti ban dalam jangka waktu tertentu juga perlu dilakukan. Ban kendaraan yang terjaga kualitasnya akan membuat pengendara merasa aman. Namun, dalam memilih ban tentunya Anda juga tidak boleh sembarangan.

Fungsi Ban Pada Mobil

Baca Juga : Aki Mobil Berapa Ampere? Ketahui Ini Cara Mengukurnya

Menjadi salah satu komponen yang bersentuhan langsung dengan jalanan, ban pada mobil memiliki beberapa fungsi penting. Lalu,apa saja fungsi ban yang wajib diketahui oleh para pengendara? Simak ulasannya berikut ini.

  • Meneruskan Fungsi Kemudi

    Alat kemudi tentunya akan berhubungan dengan ban. Fungsi ban yang berhubungan dengan mesin kemudi adalah meneruskan perintah. Ban berfungsi sebagai pengendali arah sesuai dengan yang diinstruksikan ke mesin kemudi agar dapat melaju dengan sesuai

  • Meredam Getaran

    Tugas untuk meredam getaran akibat permukaan jalan raya, bukan hanya tugas mesin suspensi saja. Tugas ini merupakan hasil kerja sama antara mesin suspensi tersebut dan ban motor. Dengan begitu, penumpang mobil akan terhindar dari mobil yang bergetar karena permukaan jalan yang buruk.

  • Memberhentikan Laju Mobil

    Gaya gesek yang dihasilkan ban jika bersentuhan dengan permukaan jalan bermanfaat untuk mengendalikan laju mobil. Apabila pengemudi melakukan pengereman, maka ban yang bergesekan dengan permukaan jalan akan memperlambat laju mobil.

  • Menyangga Mobil

    Tugas utama ban selain membantu mobil agar bisa berjalan adalah sebagai penyangga. Ban berfungsi sebagai penyangga mobil, penumpang, serta muatan lainnya.
    Oleh sebab itu, dalam memilih ban mobil harus sesuai dengan standar kendaraan. Ban yang sesuai akan membantunya untuk bertahan lama.

    Cara Untuk Merawat Ban

    Sebagai pemilik mobil, Anda tidak boleh menggunakan kendaraan ini tanpa memperhatikan perawatannya. Setiap komponen yang ada di mobil memerlukan perawatan, termasuk ban pada kendaraan roda 4. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat ban tersebut dengan baik

  • Memeriksa Tekanan Angin Dengan Ruti

    Tekanan angin berguna untuk membantu agar kinerja ban maksimal. Pemeriksaan tekanan angin pada ban harus dilakukan secara rutin, yaitu 2 minggu sekali. Memastikan tekanan angin pada ban terjaga sebaiknya jangan dilakukan di siang hari saat kondisi sedang panas

  • Memeriksa Kondisi Fisik Ban

    Satu lagi pemeriksaan rutin ban yang harus dilakukan, yaitu pengecekkan Kondisi fisik ban. Anda sebagai pemilik kendaraan harus memastikan bahwa gerigi pada permukaan ban tidak terlalu halus. Selain itu, juga harus memeriksa permukaan ban tidak mengalami keretakan.

  • Rotasi Ban

    Baca Juga : Siapa Penemu Mobil Pertama di Dunia? Ini Sejarahnya

    Melakukan rotasi ban mobil berfungsi agar semua ban dalam keadaan seimbang. Rotasi ini perlu dilakukan setiap sudah menempuh jarak 5.000 km. Melakukan rotasi Ban secara rutin akan meminimalisir terjadinya sesuatu yang buruk saat Anda berkendara.

    Semua cara menjaga ban di atas akan membantu masa pemakaian ban bisa lebih panjang. Apabila terjadi permasalahan yang lumayan buruk pada ban, sebaiknya segera dibawa ke tempat servis. Dianjurkan bahwa tempat servis yang dipilih adalah khusus untuk menangani mobil.

Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

Setiap jenis mobil memiliki ukuran ban yang berbeda-beda. Ukuran ban mobil biasanya dinotasikan dalam bentuk kode.

Baca Juga : Apa Sih Bedanya Facelift dan All New di Otomotif

Anda harus dapat mengartikan kode tersebut agar tidak salah ukuran saat membeli ban untuk kendaraan kesayangan. Salah satu contoh kode tersebut adalah 245/45 Z R 19 98 W, dan berikut adalah cara membacanya.

  • 245
    Angka dalam bentuk ratusan yang muncul pertama kali pada kode ban pada mobil ini berarti lebar bagian tapak ban. Artinya kode ini menunjukkan jarak antar dinding yang ada di sebuah ban. Jarak yang ditulis di kode ini menggunakan satuan mm
  • 45
    Arti dari angka selanjutnya yang muncul adalah aspek ketinggian sidewall. Cara untuk menghitungnya cukup mudah, yaitu menggunakan kode angka ratusan yang menunjukkan lebar bagian tapak ban dengan aspek lebar sidewall. Garis miring pemisah kedua kode ini diartikan sebagai kali.
  • Z
    Kode berupa huruf Z yang tertera pada ban ini melambangkan kecepatan mobil. Ban yang berkode Z berarti mempunyai kecepatan maksimal. Kode kecepatan ban lainnya yang diurut dari tingkat rendah hingga tinggi, yaitu S, T, hingga yang terakhir adalah Z
  • R
    Kode ban R diartikan sebagai bahan untuk menyusun atau konstruksinya. Radial atau R adalah ban yang memiliki lapisan bahan kain yang melintang di sekelilingnya. Di samping itu, ada lapisan tambahan yang ada di sekitar tapak ban.
  • 19
    Setelah beberapa kode di atas,arti dari angka 19 sembagi petunjuk diameter ban untuk mobil. Kode ban ini dibaca menggunakan satuan inchi. Angka yang menunjukkan diameter ini berbeda untuk setiap jenis ban, tergantung pada ukuran diameternya
  • 98
    Satu lagi kode berupa angka pada ban yang perlu Anda perhatikan. Angka 98 berarti besaran beban yang mampu untuk dibawa. Besaran angka ini sesuai dengan kemampuan mobil melaju. Apabila ingin membeli Anda harus memperhatikan angka ini sesuai dengan kualifikasi ban awal yang dimiliki.
  • W
    Huruf paling terakhir yang ada di kode ukuran ban ini berarti rating kecepatan ban. Ini menunjukkan daya tahan ban terhadap kecepatan laju mobil.

Kode Kualitas Ban Mobil

Ada lagi kode ban yang harus Anda ketahui, yaitu petunjuk kualitasnya. Kode ini harus Anda perhatikan dan pahami agar tidak salah dalam membelinya dan menyesuaikan dengan mobil. Ini adalah beberapa kode kualitas ban yang harus diperhatikan saat membelinya.

  • DOT
    Ban dengan kode kualitas DOT biasanya adalah produk Amerika. Kode ini menunjukkan bahwa ban memiliki kualitas baik. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena terkadang ada ban yang memiliki kode DOT, tetapi kualitasnya buruk karena produk tiruan

  • UTQG

    Uniform Tire Quality Grading atau UTQG adalah kode untuk ban yang memiliki keunggulan tinggi. Ban dengan kode UTQG menunjukkan peringkat tapak, kesanggupan ban untuk segera berhenti saat melaju dengan cepat, dan daya tahan ban terhadap suhu aspal.

    Kode kualitas yang ada pada ban ini akan membantu Anda mengetahui mana merk yang berkualitas. Namun, yang harus Anda perhatikan yaitu usahakan membelinya di pusat ban. Ini untuk mengantisipasi salah beli atau pemalsuan ban jika mendapatkannya di tempat servis biasa.

Kode Inflasi Maksimal

Notasi kode ban selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah inflasi maksimal. Kode ini guna memastikan ban yang dibeli cocok sesuai kebutuhan. Kode inflasi maksimal juga digunakan untuk mendapatkan ban yang memiliki tekanan angin agar sesuai jika dipompa dengan alat otomatis.

Apakah masih bingung mengenai kode pada ban untuk mobil? Tentunya dengan ulasan di atas Anda akan semakin paham tentang kode-kode tersebut. Di samping itu, ini juga bisa dijadikan sebagai referensi untuk merawat ban pada mobil agar tetap dalam kondisi prima dan melaju dengan lancar.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya