Tips & Trik

Cara Mudah Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

PUBLISHED DATE : 25 Juni 2020

107717687 S

Menjaga semua komponen yang ada di mobil adalah kewajiban pemilik. Salah satu komponen penting yang patut dijaga adalah ban mobil. Bersentuhan langsung dengan permukaan jalanan, membuat ban memerlukan perhatian khusus dari pemilik kendaraan.

Mengganti ban dalam jangka waktu tertentu juga perlu dilakukan. Ban kendaraan yang terjaga kualitasnya akan membuat pengendara merasa aman. Namun, dalam memilih ban tentunya Anda juga tidak boleh sembarangan.

Baca Juga : Apa Itu Idle Dalam Dunia Otomotif?

Fungsi Ban Pada Mobil

Menjadi salah satu komponen yang bersentuhan langsung dengan jalanan, ban pada mobil memiliki beberapa fungsi penting. Lalu,apa saja fungsi ban yang wajib diketahui oleh para pengendara? Simak ulasannya berikut ini.

  • Meneruskan Fungsi Kemudi

    Alat kemudi tentunya akan berhubungan dengan ban. Fungsi ban yang berhubungan dengan mesin kemudi adalah meneruskan perintah. Ban berfungsi sebagai pengendali arah sesuai dengan yang diinstruksikan ke mesin kemudi agar dapat melaju dengan sesuai

  • Meredam Getaran

    Tugas untuk meredam getaran akibat permukaan jalan raya, bukan hanya tugas mesin suspensi saja. Tugas ini merupakan hasil kerja sama antara mesin suspensi tersebut dan ban motor. Dengan begitu, penumpang mobil akan terhindar dari mobil yang bergetar karena permukaan jalan yang buruk.

  • Memberhentikan Laju Mobil

    Gaya gesek yang dihasilkan ban jika bersentuhan dengan permukaan jalan bermanfaat untuk mengendalikan laju mobil. Apabila pengemudi melakukan pengereman, maka ban yang bergesekan dengan permukaan jalan akan memperlambat laju mobil.

  • Menyangga Mobil

    Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya