Tips & Trik

Apa Itu Platina Mobil? Ketahui Ini Fungsi & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 07 Februari 2022

145295227 S

Ketika tidak ada celah pada platina maka Anda akan mengalami kesulitan ketika akan starter mobil pertama kali. Cukup berbahaya jika hal ini berlanjut karena bisa membuat busi tidak memercikan api dan mesin mati mendadak ketika perjalanan. 

  • Terlalu Kecilnya Celah Platina

Ciri selanjutnya kerusakan platina adalah justru karena terlalu kecilnya celah. ketika celah terlalu sempit maka fungsi untuk menutup dan membuka arus listrik bisa berkurang. 

Penyebabnya bisa karena baut yang kendor sehingga celah pemutus lebih sempit. Percikan dari busi yang keluar jadi semakin besar dan busi bisa lebih cepat rusak. Mobil akan berjalan normal ketika kerusakan ini terjadi. 

Namun jika dibiarkan terlalu lama maka bisa membuat platina semakin rusak dan efek cepat panas terjadi. Termasuk ausnya rubbing block. 

  • Terlalu Besarnya Celah Platina 

Tidak hanya celah yang terlalu kecil, ketika celah terlalu besar juga sebaiknya dihindari. Alasannya celah yang terlalu kecil mengakibatkan sudut dwell menjadi lebih kecil. 

Hasilnya adalah arus primer akan semakin pendek dan percikan busi lemah. Efeknya hampir sama seperti ketika platina tidak memiliki celah yaitu mobil akan lebih sulit distarter. 

Baca Juga : Ini Fungsi Dwell Tester: Cara Membaca & Menggunakannya

Penyebab celah mengecil ini bisa dikarenakan kotornya platina sehingga arus listrik tidak bekerja maksimal.  

  • Kerusakan pada Bagian Kabel 

Walaupun platina adalah komponen yang bekerja untuk membuka menutup arus listrik, namun kabel yang terhubung juga jadi bagian penting. Kerusakan bisa saja terjadi pada bagian kabel ini sehingga arus listrik tidak berjalan dengan baik. 

Untuk mengetahui kerusakan platina mobil memang tidak bisa dideteksi dari apakah Anda kesulitan starter kendaraan. Perlu pembongkaran lebih lanjut untuk mengetahui kondisi platina. 

Dengan begitu teknisi bisa memperbaiki dengan cepat baik itu ada kerusakan kabel, sekrup yang mulai lepas atau salah pada penyetelan platina. Termasuk platina yang harus diganti karena masalah benjolan. 

Hindari untuk membongkar atau memperbaiki platina sendiri jika Anda tidak berpengalaman. Bawalah kendaraan kesayangan Anda ke bengkel resmi Suzuki agar langsung ditangani oleh teknisi profesional.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya