Tips & Trik

Apa Itu Platina Mobil? Ketahui Ini Fungsi & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 07 Februari 2022

145295227 S

Mobil-mobil keluaran lama masih memanfaatkan komponen platina dalam sistem pengapian konvensional. Platina adalah komponen yang bertujuan untuk memutuskan dan menyambungkan arus listrik. 

Anda yang saat ini masih menggunakan mobil klasik tentu harus mengenali komponen ini. Karena apabila platina rusak dampaknya cukup besar terhadap proses pengapian. 

Seperti apa itu platina hingga ciri apabila terjadi kerusakan, bisa langsung Anda cek di sini. 

Baca Juga : Etika Menggunakan Klakson Mobil Saat Berkendara 

Mengenal Apa Itu Platina dan Fungsinya 

Platina adalah komponen yang digunakan pada jenis pengapian mobil lama yang saat ini sudah digantikan Capacitive Discharge Ignition atau CDI  pada seri mobil baru.  Platina memiliki kaitan erat dengan performa mobil. 

Apabila performa mobil menurun seperti tidak cepat padahal tidak ada hambatan bisa jadi kerusakan terdapat pada platina. Baik itu platina yang sudah rusak dan harus diganti atau pemasangannya kurang benar. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Cara Kerja Dongkrak Buaya

Mekanisme Kerja Dongkrak Buaya

Ketika hendak mengganti ban atau melakukan berbagai perbaikan lain untuk mobil, maka seringkali Anda butuh mengangkat mobil. Cara kerja dongkrak buaya terbilang cukup sederhana seh...

selengkapnya
New Xl 7 Hybrid

Perbedaan Mobil Hybrid dan Biasa

Seiring perkembangan teknologi, industri otomotif terus berinovasi untuk menciptakan solusi yang lebih efisien dan ramah lingkungan, salah satunya yaitu mobil hybrid. Jika Anda ter...

selengkapnya