Tips & Trik

Apa Itu Landas Kontinen? Ini Jarak Perairan Indonesia

PUBLISHED DATE : 14 Januari 2022

123712475 S

Tujuannya agar negara lain tidak melewati batas tanpa izin, apalagi mengambil sumber daya alam yang bukan menjadi bagiannya. 

    3. Kebebasan Menerapkan Kebijakan Hukum 

Selama berada dalam batas landas kontinen negara memiliki kebebasan dalam menciptakan serta menerapkan kebijakan hukum. Termasuk kebebasan bernavigasi di area laut tersebut. 

Negara juga memiliki kuasa untuk melakukan penanaman kabel serta pipa bawah laut di wilayah yang termasuk di dalamnya. 

Perbedaan Landas Kontinen dengan Laut Teritorial dan ZEE

Pada Konvensi Hukum Laut Internasional 1982 selain landasan kontinen ada juga jenis wilayah laut lainnya yaitu laut teritorial dan ZEE. Kedua wilayah ini memiliki pengertian sekaligus batas berbeda dari landasan kontinen. 

Supaya lebih paham mengenai perbedaannya, Anda bisa mempelajarinya sebagai berikut:

  1. Laut Teritorial 

Wilayah laut ini memiliki jarak 12 mil dari garis dasar ke arah laut lepas. Namun apa yang terjadi jika luas laut dari dua buah negara kurang dari 24 meter? Maka perlu ditarik garis sama jauhnya dari masing-masing negara yang berbatasan dengan laut. 

Baca Juga : Luar Biasa, Ini Kapal-Kapal Terbesar di Dunia

Di dalam laut teritorial ini negara memiliki hak kedaulatan yang penuh. Namun tetap harus menyediakan jalur pelayaran lalu lintas yang aman. Hal ini berbeda dengan batas landas kontinen ketika ada negara yang berdampingan. 

Maka batas landas kontinen adalah sama jauhnya dari garis dasar masing-masing negara. 

    2. Zona Ekonomi Eksklusif 

Disingkat sebagai ZEE dan yang termasuk di wilayah ini adalah jarak 200 mil dari garis dasar ke arah laut lepas. Prioritas yang didapatkan negara pada wilayah laut ini adalah untuk mengambil sumber daya alam demi kesejahteraan bangsa. 

Demi melindungi wilayah kelautan ini, setiap negara memanfaatkan berbagai jenis kapal.

Tak hanya pemerintah saja, masyarakat juga bisa menggunakan alat transportasi laut untuk bisa mengambil sumber daya alam atau memanfaatkannya. 


Anda bisa menemukan pengalaman berperahu yang lebih baik dengan menggunakan mesin tempel Suzuki Marine. Memanfaatkan teknologi superior serta desain modern, Anda akan mendapatkan kenyamanan serta pengalaman terbaik.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya