Tips & Trik

Apa Itu Landas Kontinen? Ini Jarak Perairan Indonesia

PUBLISHED DATE : 14 Januari 2022

123712475 S

Ada batas pantai laut kontinen ada juga landas kontinen ekstensi. Di tahun 2020 lalu Indonesia telah mengadakan perluasan landas kontinen di bagian barat daya Sumatera.  

Landas Kontinen Ekstensi atau LKE sendiri adalah perluasan Landas Kontinen sebelumnya. Pengajuan klaim perluasan atau LKE sendiri bisa dilakukan oleh sebuah negara sesuai dengan pasal 76. 

Klaim dapat dilakukan dalam jarak 200 mil sampai paling jauh 350 mil dari garis pangkal apabila dapat dibuktikan secara ilmiah. Sebelum melakukan klaim LKE, sebuah negara harus melakukan appurtenance test

Tes ini dilakukan menggunakan desktop study atau sebuah estimasi perhitungan awal memanfaatkan software komputer. Pada saat Indonesia melakukan appurtenance test terbukti bahwa ada tiga wilayah yang memiliki potensi klaim LKE. 

Wilayah pertama adalah bagian barat laut Sumatera, selatan Nusa Tenggara serta utara Papua. Bukan hanya Indonesia saja yang bisa melakukan klaim LKE tetapi juga negara lain yang bisa membuktikan secara ilmiah perluasan landasan kontinennya. 

Manfaat dan Tujuan Landas Kontinen

Adanya jarak landas kontinen perairan indonesia adalah demi menciptakan perlindungan kekayaan alam pada dasar laut di sebuah negara. Tujuannya tentu saja agar kepentingan masyarakat di negara tersebut dapat terjaga. 

Baca Juga : Zona Ekonomi Eksklusif : Pengertian, Manfaat dan Batasnya

Hadirnya batasan landas kontinen membuat nelayan atau para pekerja laut bisa mengambil dan mengolah hasil laut demi keberlangsungan hidup. Indonesia sebagai sebuah negara memiliki hak eksplorasi dan eksploitasi kekayaan lautnya secara wajar. 

Kekayaan laut yang dimaksud bukan hanya semua makhluk hidup di dalam laut tetapi juga lapisan tanah di bawahnya. Misalnya saja ketika dideteksi terdapat kekayaan minyak bumi di bawah lapisan tanah laut. 

Maka sesuai dengan area yang termasuk batas landas kontinen adalah miliki Indonesia dan bisa diambil tanpa melanggar hukum. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya sebagai berikut:

  1. Pengembangan dan Penelitian

Selain memiliki kekayaan alam laut, sebuah negara juga bisa melakukan penelitian serta pengembangan pada sumber daya alam yang terdapat di landas kontinen. 

    2. Memelihara dan Mempertegas Batas Wilayah 

Batasan wilayah laut sangat penting bagi sebuah negara. Dengan adanya landas kontinen inilah, maka negara Indonesia dapat memelihara serta mempertegas batas wilayahnya. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya