Tips & Trik

Apa Itu Kruk As? Ini Fungsi dan Bagian-Bagiannya

PUBLISHED DATE : 28 September 2021

Kruk AS

Fungsi utamanya dalam menggerakkan roda gila (flywheel) dibantu oleh bagian piston yaitu small end. Small end berupa lubang berukuran kecil.

Sedangkan batang piston (connecting rod) kinerjanya dibantu oleh big end yang berupa lubang berukuran lebih besar dari small end. 

Selain bekerja untuk mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak putaran, kruk as juga menerima beban dan tekanan dari piston. Hal tersebut dikarenakan tekanan yang tinggi dari pembakaran di dalam ruang pembakaran mesin. 

Gejala Kerusakan Kruk As

Karena peran dan fungsinya yang begitu penting, maka akan menjadi masalah besar jika komponen mesin bagian dalam ini mengalami kerusakan.

Oleh karena itu Anda perlu mengenali beberapa gejala kerusakan yang bisa mengganggu akselerasi kendaraan Anda. 

  • Timbul Suara Berisik

Ciri paling mudah yang bisa dirasakan adalah terdengar suara berisik dan lumayan keras pada mesin bagian dalam.

Tanda ini jika dibiarkan akan mengganggu Anda dan pengendara sekitar saat berkendara. Selain itu bagian-bagian mesin lainnya akan ikut bermasalah di kemudian hari jika tidak segera ditangani. 

  • Kruk As Mengalami Aus

Baca Juga : Fungsi Ring Piston Motor Dan Tanda Kerusakannya

Tanda kerusakan berikutnya adalah memang terjadi aus pada kruk as atau poros engkol, sehingga menyebabkan mesin kendaraan bergetar. Keausan tersebut bisa disebabkan oleh usia pemakaian, penggunaan pelumas yang tidak bagus, atau terjadi kebocoran di dalam mesin. 

  • Laju Kendaraan Tidak Stabil 

Ciri kerusakan terakhir yang bisa dirasakan adalah mobil melaju tidak stabil atau tidak bisa digunakan dalam kecepatan tinggi.

Hal ini kemungkinan terjadi karena gangguan pada mesin-mesin bagian dalam. Sebaiknya mengeceknya secara berkala dan melakukan perawatan mesin secara rutin. 

Jika kendaraan yang Anda miliki mengalami gejala-gejala di atas, sesegera mungkin periksa dari mana munculnya gejala tersebut.

Anda bisa membawa kendaraan ke bengkel terdekat. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih bengkel resmi Suzuki yang sudah terbukti berkualitas, bagus, dan terpercaya.

Ulasan mengenai kruk as, fungsi kruk as, dan beberapa informasi terkait di atas bisa dijadikan referensi untuk Anda.

Salah satu komponen mesin tersebut memang perlu dijaga agar fungsinya tetap optimal dalam membantu kinerja mesin, sehingga kendaraan bisa beroperasi dengan baik.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya