Tips & Trik

Wajib Tahu, Pentingnya Rotasi Ban Mobil & Cara Melakukannya

PUBLISHED DATE : 01 Desember 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/28__bengkel_4w2.jpg

Ban merupakan bagian mobil yang memerlukan perawatan secara berkala. Rotasi ban mobil menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan agar pengalaman berkendara lebih aman dan nyaman.

Manfaat lainnya yaitu dapat menghemat biaya perawatan dan ban mobil menjadi lebih awet.

Merotasi ban maksudnya adalah menukar posisi ban yang awalnya berada di depan menjadi di belakang, atau sebaliknya.

Baca Juga : Begini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Sudah Mulai Lemah

Biasanya ban depan memiliki usia pemakaian yang lebih pendek dibandingkan dengan ban belakang karena roda depan berkaitan dengan mekanisme pengemudi.

Jenis Ban yang Dapat Dirotasi

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis ban dapat dirotasi. Ban yang dapat dirotasi yaitu ban mobil dengan jenis full size. Sementara untuk ban yang tidak bisa dirotasi yaitu ban mobil jenis temporary

Baca Juga : Stabilizer Rantai Motor: Ini Fungsi dan Manfaatnya

Ban full size merupakan ban yang memiliki kesamaan dari segi bentuk, ukuran, dimensi, hingga pelek yang digunakan dengan ban yang sudah terpasang. Ban cadangan jenis full size ini juga dapat dilibatkan untuk merotasi ban pada mobil. 

Ban temporary merupakan jenis ban yang sangat berbeda dengan ban utama yang sudah terpasang pada mobil mulai dari bentuk, ukuran, dan dimensi. Umumnya, ban temporary memiliki pelek yang lebih kecil. Ban ini biasanya digunakan sebagai ban cadangan untuk keadaan yang darurat.

Tujuan Rotasi Ban

Baca Juga : Cara Mudah Deteksi Aki Lemah Pada Motor Injeksi

Tujuan utama melakukan merotasi ban yaitu untuk meratakan keausan. Ban yang memiliki tingkat keausan tidak merata akan berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan bagi pengendara.

Tingkat aus yang berbeda disebabkan karena penggunaan ban depan dan belakang yang berbeda.

Ban yang sudah mengalami keausan akan mudah selip yang disebabkan karena kondisi jalan licin dan jarak pengeremannya menjadi panjang. Ban yang sudah aus akan membahayakan pengemudi mobil dan orang lain.

Titik keausan yang merata akan membuat ban seimbang dan membuat pengendara mobil lebih nyaman.

Biasanya, ban mobil depan lebih cepat aus daripada ban mobil belakang. Hal ini disebabkan karena ban mobil depan lebih banyak digunakan untuk pengereman sehingga lebih banyak gesekan.

Ban yang tidak dirotasi ketika sudah aus, maka usia pemakaiannya tidak akan bertahan lama. Merotasi ban berfungsi untuk menambah usia pemakaian ban menjadi lebih panjang.

Tujuan lain dari merotasi ban yaitu agar mengetahui tekanan ban dan kerusakan yang terjadi pada ban tersebut.

Waktu Rotasi Ban 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya