Sistem Pengapian Konvensional: Cara Kerja dan Komponennya
PUBLISHED DATE : 28 Agustus 2021

Sebuah kendaraan memiliki mesin yang digerakkan karena adanya pembakaran antara udara dan bahan bakar atau bensin. Supaya proses pembakaran berhasil dibutuhkan percikan api yang berasal dari busi.
Percikan api tersebut berhasil muncul karena sistem pengapian konvensional yang digunakan sejak kendaraan bermotor dengan bensin pertama kali dibuat. Hingga saat ini sistem pengapian tersebut masih terus digunakan.
Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem dan Cara Mengatasinya
Simak penjelasan lengkap mengenai pengapian konvensional dalam sebuah kendaraan berikut ini.
Apa Itu Sistem Pengapian Konvensional dan Fungsinya
Secara umum ada empat jenis sistem pengapian yang digunakan pada kendaraan mobil. Pertama adalah sistem pengapian konvensional, kedua sistem pengapian CDI, ketiga sistem pengapian transistor dan terakhir sistem pengapian DLI.