Tips & Trik

Wajib Tahu, Pentingnya Rotasi Ban Mobil & Cara Melakukannya

PUBLISHED DATE : 01 Desember 2018

28  Bengkel 4w2

Terdapat 2 cara untuk merotasi ban dengan teknik menyilang, yaitu merotasi 4 ban dan merotasi 5 ban. Merotasi 4 ban dengan cara menyilang dilakukan ketika ban mobil cadangan mempunyai ukuran atau velg yang berbeda dengan ban utama.

Sementara itu, untuk merotasi 5 ban dilakukan dengan melibatkan ban cadangan. Ban cadangan akan digunakan untuk mengganti ban bagian belakang.

Merotasi ban menggunakan ban cadangan untuk mobil jenis penggerak depan (FWD) dan jenis penggerak belakang (RWD) berbeda.

Merotasi ban dengan melibatkan ban cadangan bertujuan agar apabila terjadi pergantian sewaktu-waktu, maka tingkat keausan pada ban cadangan sama dengan yang lainnya.

Ban mobil yang mempunyai kondisi paling bagus, baik untuk jenis mobil FWD maupun jenis mobil penggerak roda belakang (RWD) sebaiknya dipasang pada roda belakang. 

Alasannya, ban belakang tidak bisa diatasi apabila mengalami selip, sedangkan untuk roda depan dapat diatasi melalui setir.

Cara rotasi ban mobil yang benar menggunakan ban cadangan pada mobil jenis FWD yaitu ban cadangan dipasang pada bagian belakang sebelah kiri, sedangkan ban belakang yang awalnya berada di sebelah kiri akan dirotasi ke depan sebelah kanan. 

Baca Juga : Hati-Hati, Cairan Anti Bocor Justru Bisa Membuat Ban Bocor

Kemudian ban yang awalnya berada di depan sebelah kanan akan digunakan sebagai ban cadangan.

Sementara untuk ban yang awalnya berada di depan sebelah kiri akan dirotasi ke belakang sebelah kanan, begitu pula sebaliknya. 

Cara merotasi 5 ban pada mobil RWD yaitu ban depan kanan dirotasi dengan ban belakang kiri, ban belakang kiri akan dirotasi dengan ban depan kiri.

Ban belakang kanan dirotasi menjadi ban depan kanan, ban depan kanan diganti ban cadangan dan ban depan kiri digunakan sebagai ban cadangan.

Ban yang sudah mengalami retak, aus tidak normal, dan mengalami kerusakan lainnya tidak dapat dirotasi.

Ban yang tingkat keausannya mencapai TWI (Tread Wear Indicator) sebaiknya diganti dengan ban yang baru demi kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda. 

Apabila ragu untuk melakukan rotasi ban mobil sendiri, ada baiknya untuk melakukannya di bengkel resmi Suzuki terdekat di kota Anda.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya