Tips & Trik

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros, Ini Penjelasannya

PUBLISHED DATE : 22 November 2023

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros Ini Penjelasannya

Saat AC bekerja di suhu yang paling rendah, maka komponen AC harus bekerja jauh lebih keras. Hal ini akan berpengaruh pada konsumsi BBM dan kelamaan menjadi pemicu BBM boros. 

Perlu diketahui bahwa kinerja AC itu sendiri akan dibebankan pada mesin. Jadi ketika AC bekerja lebih keras maka mesin juga akan bekerja jauh lebih keras. Padahal mesin mendapatkan tenaga untuk bekerja dari bahan bakar. 

Sampai di sini Anda pasti bisa memahami bahwa kerja AC akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Semakin keras AC bekerja maka penggunaan bahan bakar juga akan semakin boros. 

Berdasarkan data dari situs Energy Star, saat AC mobil dalam kondisi menyala maka akan terjadi konsumsi BBM sebanyak 1,89 hingga 3,7 liter per jam. Nilai ini bisa meningkat saat mobil melaju cepat atau dalam kondisi macet. 

Pada dasarnya AC bukanlah satu-satunya faktor yang akan berpengaruh pada borosnya konsumsi BBM. Namun perlu diketahui bahwa pemakaian AC memang akan memberikan kontribusi. 

Baca Juga : Apa itu Dek Kapal dan Apa Saja Jenisnya?

Jadi penting sekali bagi Anda untuk lebih bijak lagi saat menggunakan AC di dalam mobil. Pemakaian AC sah-sah saja namun bersiaplah jika konsumsi BBM jadi jauh lebih boros. 

dashboard mobil suzuki

Tips Pemakaian AC tanpa Boros BBM

Setelah mengetahui bahwa pemakaian AC mobil bisa membuat BBM boros, tentu Anda jadi bertanya-tanya apa solusinya. Bagaimana caranya agar bisa tetap berkendara sambil menyalakan AC namun BBM bisa dihemat

Sebenarnya pemakaian AC memang akan menguras kapasitas BBM di mobil Anda. Namun pemakaiannya bisa lebih dioptimalkan agar lebih efisien. Jadi Anda tetap bisa menggunakan AC dengan nyaman dan pemakaian BBM masih wajar. 

Ada beberapa solusi yang bisa Anda coba agar penggunaan AC ini tidak menguras BBM terlalu banyak. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut:

  • Atur Temperatur agar Tetap Stabil

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya