Tips & Trik

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros, Ini Penjelasannya

PUBLISHED DATE : 22 November 2023

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros Ini Penjelasannya

Tips pertama, aturlah temperatur atau suhu AC mobil Anda agar tetap stabil. Tadi sudah disebutkan bahwa semakin rendah suhu AC yang Anda gunakan maka akan semakin membuat BBM boros. 

Oleh sebab itu solusi pertama yang bisa dicoba adalah atur agar temperatur AC tidak terlalu rendah. Jika Anda merasa suhu di dalam mobil sudah cukup dingin, maka naikkan saja temperaturnya. 

Tidak masalah jika Anda ingin mengatur suhu AC di angka yang rendah. Namun pastikan hal tersebut tidak berlangsung terlalu lama. Jika suhu AC ada di angka rendah terlalu lama maka mesin harus bekerja lebih keras lagi. 

Jika sudah waktunya menaikkan suhu AC, maka jagalah agar suhu tersebut tetap stabil. Demi menghemat konsumsi BBM, Anda sangat disarankan untuk menjaga suhu tetap stabil di angka yang wajar. 

  • Gunakan AC Seperlunya

Pastikan untuk memakai AC mobil seperlunya saja demi mencegah BBM boros. Pakailah AC saat memang kondisi sedang panas dan kurang nyaman jika harus berkendara tanpa menggunakan AC. 

Baca Juga : Ketahui Jenis Alat Keselamatan Pada Kapal

Jika Anda berkendara di tempat yang sejuk atau mungkin pada saat itu cuaca sedang dingin, maka pemakaian AC bisa dihindari. Daripada membuang energi dan konsumsi BBM untuk memakai AC, lebih baik buka saja kaca mobil Anda. 

Tentunya tidak mudah untuk membiasakan diri memakai AC sesuai kebutuhan. Hanya saja Anda perlu mulai melakukannya demi menghemat energi BBM pada mobil Anda. 

  • Parkirkan Mobil di Tempat Teduh

Pengguna mobil biasanya merasakan suhu di dalam kabin sangat panas setelah mobil diparkirkan. Apalagi jika parkirnya di bawah sinar matahari dan cuacanya sangat panas. Rasanya suhu di dalam mobil begitu tinggi dan terasa tidak nyaman. 

Hal semacam ini membuat pengguna mobil akhirnya menyalakan AC dengan suhu paling rendah. Tujuannya agar suhu di dalam kabin segera dingin dan memberi kenyamanan saat berkendara. 

Padahal kebiasaan semacam ini bisa membuat konsumsi BBM boros karena suhu AC langsung dipasang rendah. Secara otomatis AC akan bekerja jauh lebih keras dan membuat beban mesin jadi lebih berat. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya