Tips & Trik

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros, Ini Penjelasannya

PUBLISHED DATE : 22 November 2023

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros Ini Penjelasannya

Pemakaian AC memang sudah jadi kebutuhan tersendiri bagi para pengguna mobil. Hanya saja penggunaan AC ini seringkali dianggap menjadi penyebab BBM boros. Padahal AC bisa membuat pengguna mobil merasa nyaman selama perjalanan. 

Sebagian besar pengendara pasti akan menyalakan AC selama mobil melaju. Apalagi saat berkendara di tengah cuaca yang cukup panas. Mari cari tahu lebih jauh lagi apa sebenarnya pemakaian AC tersebut membuat BBM jadi lebih boros atau tidak. 

Apakah AC Bikin BBM Boros?

Menyalakan AC mobil sepanjang perjalanan memang berpotensi membuat konsumsi BBM jadi lebih boros. Apalagi jika Anda menyalakan AC pada suhu yang paling rendah untuk jangka waktu lama. 

Saat AC bekerja di suhu yang paling rendah, maka komponen AC harus bekerja jauh lebih keras. Hal ini akan berpengaruh pada konsumsi BBM dan kelamaan menjadi pemicu BBM boros. 

Perlu diketahui bahwa kinerja AC itu sendiri akan dibebankan pada mesin. Jadi ketika AC bekerja lebih keras maka mesin juga akan bekerja jauh lebih keras. Padahal mesin mendapatkan tenaga untuk bekerja dari bahan bakar. 

Sampai di sini Anda pasti bisa memahami bahwa kerja AC akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Semakin keras AC bekerja maka penggunaan bahan bakar juga akan semakin boros. 

Berdasarkan data dari situs Energy Star, saat AC mobil dalam kondisi menyala maka akan terjadi konsumsi BBM sebanyak 1,89 hingga 3,7 liter per jam. Nilai ini bisa meningkat saat mobil melaju cepat atau dalam kondisi macet. 

Baca Juga : Ketahui Model Garasi Mobil sebagai Inspirasi Anda

Pada dasarnya AC bukanlah satu-satunya faktor yang akan berpengaruh pada borosnya konsumsi BBM. Namun perlu diketahui bahwa pemakaian AC memang akan memberikan kontribusi. 

Jadi penting sekali bagi Anda untuk lebih bijak lagi saat menggunakan AC di dalam mobil. Pemakaian AC sah-sah saja namun bersiaplah jika konsumsi BBM jadi jauh lebih boros. 

dashboard mobil suzuki

Tips Pemakaian AC tanpa Boros BBM

Setelah mengetahui bahwa pemakaian AC mobil bisa membuat BBM boros, tentu Anda jadi bertanya-tanya apa solusinya. Bagaimana caranya agar bisa tetap berkendara sambil menyalakan AC namun BBM bisa dihemat

Sebenarnya pemakaian AC memang akan menguras kapasitas BBM di mobil Anda. Namun pemakaiannya bisa lebih dioptimalkan agar lebih efisien. Jadi Anda tetap bisa menggunakan AC dengan nyaman dan pemakaian BBM masih wajar. 

Ada beberapa solusi yang bisa Anda coba agar penggunaan AC ini tidak menguras BBM terlalu banyak. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut:

  • Atur Temperatur agar Tetap Stabil

Tips pertama, aturlah temperatur atau suhu AC mobil Anda agar tetap stabil. Tadi sudah disebutkan bahwa semakin rendah suhu AC yang Anda gunakan maka akan semakin membuat BBM boros. 

Oleh sebab itu solusi pertama yang bisa dicoba adalah atur agar temperatur AC tidak terlalu rendah. Jika Anda merasa suhu di dalam mobil sudah cukup dingin, maka naikkan saja temperaturnya. 

Tidak masalah jika Anda ingin mengatur suhu AC di angka yang rendah. Namun pastikan hal tersebut tidak berlangsung terlalu lama. Jika suhu AC ada di angka rendah terlalu lama maka mesin harus bekerja lebih keras lagi. 

Jika sudah waktunya menaikkan suhu AC, maka jagalah agar suhu tersebut tetap stabil. Demi menghemat konsumsi BBM, Anda sangat disarankan untuk menjaga suhu tetap stabil di angka yang wajar. 

  • Gunakan AC Seperlunya

Pastikan untuk memakai AC mobil seperlunya saja demi mencegah BBM boros. Pakailah AC saat memang kondisi sedang panas dan kurang nyaman jika harus berkendara tanpa menggunakan AC. 

Jika Anda berkendara di tempat yang sejuk atau mungkin pada saat itu cuaca sedang dingin, maka pemakaian AC bisa dihindari. Daripada membuang energi dan konsumsi BBM untuk memakai AC, lebih baik buka saja kaca mobil Anda. 

Tentunya tidak mudah untuk membiasakan diri memakai AC sesuai kebutuhan. Hanya saja Anda perlu mulai melakukannya demi menghemat energi BBM pada mobil Anda. 

  • Parkirkan Mobil di Tempat Teduh

Pengguna mobil biasanya merasakan suhu di dalam kabin sangat panas setelah mobil diparkirkan. Apalagi jika parkirnya di bawah sinar matahari dan cuacanya sangat panas. Rasanya suhu di dalam mobil begitu tinggi dan terasa tidak nyaman. 

Hal semacam ini membuat pengguna mobil akhirnya menyalakan AC dengan suhu paling rendah. Tujuannya agar suhu di dalam kabin segera dingin dan memberi kenyamanan saat berkendara. 

Padahal kebiasaan semacam ini bisa membuat konsumsi BBM boros karena suhu AC langsung dipasang rendah. Secara otomatis AC akan bekerja jauh lebih keras dan membuat beban mesin jadi lebih berat. 

Lalu apa solusi yang bisa dilakukan? Cobalah untuk membiasakan diri parkir di tempat-tempat yang teduh. Jika memungkinkan parkir di tempat teduh maka lakukan saja agar nantinya suhu di dalam kabin mobil tidak terlalu tinggi. 

Memarkirkan mobil di tempat teduh akan membuat Anda merasa jauh lebih nyaman saat masuk ke mobil untuk berkendara. Anda tidak perlu menyalakan AC dengan suhu paling rendah karena suhu di kabin tidak terlalu tinggi. 

  • Buka Kaca saat Baru Masuk ke Mobil

Baca Juga : Tips Perawatan Sepeda Motor yang Wajib Anda Lakukan

Banyak orang memilih langsung menyalakan AC di suhu terendah begitu masuk ke mobil. Tujuannya agar suasana kabin jadi sejuk lebih cepat. Padahal cara seperti ini tidak dibenarkan karena bisa menambah beban mesin. 

Lebih baik buka dulu kaca mobil Anda dan nyalakan AC di suhu yang normal. Tidak perlu menyalakan AC di suhu terendah agar bisa lebih hemat bahan bakar. Cara ini efektif untuk membuat kabin mobil lebih cepat dingin. 

Anda tidak perlu membuka kaca mobil terlalu lama. Cukup sebentar saja sampai suhu di dalam kabin kembali normal. Tujuan dari pembukaan kaca ini adalah untuk memperlancar sirkulasi udara jadi suhu di dalam mobil tidak terlalu panas. 

Anda juga tidak perlu membuka kaca mobil sampai bawah. Buka sedikit saja yang penting ada ruang untuk udara di dalam mobil keluar dan berganti dengan udara dari luar. 

  • Jangan Memaksakan Pemakaian AC

Pastikan Anda tidak memaksakan pemakaian AC apalagi saat bahan bakar mulai menipis. Banyak orang memilih untuk tetap menyalakan AC di suhu rendah padahal bahan bakar sudah hampir habis. 

Daripada memaksakan pemakaian AC dalam kondisi seperti ini, lebih baik buka dulu kaca mobil Anda. Tunggulah sampai Anda bisa melakukan pengisian bahan bakar baru nyalakan kembali AC di dalam mobil. 

Memaksakan pemakaian AC di kondisi yang tidak tepat seperti ini hanya akan membuat Anda rugi sendiri. Bisa jadi BBM habis di tengah jalan dan malah membuat Anda kesulitan karena harus mendorong mobil ke pos pengisian BBM. 

Selamatkan kantong Anda dari BBM yang boros akibat AC! Temukan rahasia pemakaian AC yang tepat dan bijak untuk menghindari masalah ini. Jangan lewatkan informasi seru seputar dunia otomotif!

Berita Lainnya