Tips & Trik

7 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat

PUBLISHED DATE : 06 Mei 2023

Tarikan Gas Motor Berat

Meski terkesan remeh, hal kecil ini akan membantu menjaga kualitas mesin dan menghindari tarikan gas motor berat. Memanaskan mesin dengan rutin bisa memperpanjang usia aki motor Anda. 

  • Memakai Bahan Bakar Berkualitas

Pemilihan bahan bakar yang Anda gunakan untuk motor juga akan berdampak pada mesin Anda. Keawetan mesin juga ditentukan oleh jenis bahan bakar yang dipakai.

Agar dapat meminimalisir kemunculan kerak setelah proses pembakaran, sebaiknya Anda memakai bahan bakar dengan oktan 90. Sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. 

Apalagi saat ini sudah hampir seluruh motor yang menggunakan teknologi injeksi. Sehingga lebih menghemat bahan bakar. Jadi tidak masalah jika harus memakai bahan bakar yang lebih berkualitas untuk menjaga kondisi mesin.

  • Rutin Melakukan Pergantian Oli

Pergantian oli harus dilakukan secara rutin, supaya performa mesin juga tetap bekerja dengan prima. Oli sebagai pelumas tentu bertugas meminimalisir terjadinya gesekan pada komponen-komponen dalam mesin motor,

Pada umumnya, oli bisa diganti ketika sudah menempuh jarak 2000 – 3000 km atau lebih tepatnya tiap 2 bulan sekali. Sehingga mesin bisa bekerja maksimal dan tarikan gas motor berat bisa dihindari.

  • Cek Kondisi Aki dan Busi

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kepada 2 komponen ini secara rutin. Apakah kondisinya masih layak, atau sudah harus diganti.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Untuk Mengatasi Kerusakan Fan Belt Mobil

Supaya tidak menjadi kendala saat perjalanan dan tarikan gas motor berat, Anda harus memastikan bahwa aki selalu penuh. Hindarkan dari panas dan suhu yang lembab agar performanya tidak alami penurunan. 

Jangan lupa membersihkan aki dan busi dengan rutin. Sebaiknya, Anda juga menggunakan aki dan busi yang sesuai dengan spesifikasi. 

  • Lakukan Tune Up

Servis motor secara rutin dan berkala disebut juga dengan tune up. Servis ini dilakukan setiap 1 hingga 2 bulan sekali, tergantung pada intensitas pemakaian dan jarak tempuhnya. 

Melakukan tune up bisa membuat mesin motor Anda selalu terjaga dan dalam kondisi yang prima. 

Setelah mengetahui apa saja hal yang menyebabkan tarikan gas motor berat sekaligus tips agar mesin motor menjadi lebih halus, maka Anda tidak perlu khawatir lagi jika masalah tersebut menimpa Anda.

Untuk melakukan tune up motor Anda bisa melakukan di dealer resmi Suzuki. Anda bisa langsung walk in ke dealer terdekat atau berkonsultasi dahulu melalui Halo Suzuki. 

Jika Anda ingin segera mendapatkan penanganan dari ahli mekanik kami, bisa langsung mengisi form booking service di website resmi Suzuki!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya