Tips & Trik

7 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat

PUBLISHED DATE : 06 Mei 2023

Tarikan Gas Motor Berat

 

  • Pergantian Oli yang Tidak Teratur

 

Oli merupakan komponen yang penting untuk motor Anda. Oli bekerja untuk melumasi mesin motor. 

Oli bekerja untuk meminimalisir munculnya gesekan pada komponen-komponen kendaraan. Oli juga berfungsi menjaga mesin agar selalu berada pada suhu yang ideal.

Jika Anda terlambat atau tidak teratur dalam melakukan pergantian oli, maka akan menyebabkan performa mesin motor menurun. Alhasil, membuat kinerja mesin motor juga menjadi kasar. 

Tak hanya itu saja, mesin jadi membutuhkan tenaga lebih ekstra dalam bekerja. Hal itu yang membuat tarikan gas motor berat

Bila Anda tidak menyegerakan diri untuk melakukan pergantian oli, maka bisa menimbulkan kerusakan pada mesin motor Anda.

  • Kerusakan pada Busi

Baca Juga : Apa yang Terjadi Jika Air Radiator Motor Habis?

Busi motor memiliki fungsi signifikan pada sistem pengapian di mesin motor. Tanpa adanya busi pada motor Anda, maka tegangan listrik akan gagal di transfer. 

Sehingga tidak menimbulkan percikan api pada sistem pembakaran mesin Anda. Jika sudah demikian, maka mesin motor menjadi sulit dinyalakan.

Ternyata kondisi busi yang rusak juga menjadi salah satu penyebab tarikan gas motor berat. Maka, Anda harus segera melakukan pergantian busi. 

  • CDI

CDI atau Capacitor Discharge Ignition merupakan pengatur kapan waktu pengapian harus dilakukan pada busi motor. CDI akan melakukan tugasnya, yaitu dengan mengontrol supply untuk proses pengapian motor.

Oleh sebab itu, apabila CDI tengah mengalami kerusakan maka bersegeralah untuk melakukan pergantian. Sehingga sistem pengapian juga bisa bekerja dengan normal kembali. Sebab motor tidak akan bisa dinyalakan tanpa hadirnya komponen CDI ini.

  • Pemakaian Oli Berlebihan

Meski peranan oli bagi keberlangsungan mesin kendaraan sangat krusial, tapi bukan berarti Anda bisa menggunakannya sebanyak mungkin. Jika Anda menggunakan oli yang melebihi kapasitas kendaraan, tentu akan membuat kendala pada mesin.

Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab tarikan gas motor berat. Jangan lupa tiap melakukan pengisian oli selalu disesuaikan dengan kapasitas mesin kendaraan.

  • Masalah di Rantai atau V-Belt

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya