Tips & Trik

7 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat

PUBLISHED DATE : 06 Mei 2023

Tarikan Gas Motor Berat

Penyebab lainnya yang membuat tarikan gas pada motor Anda jadi berat adalah kerusakan di komponen rantai atau v-belt. Sebab, tenaga mesin motor diteruskan mulai dari roda belakang dengan dua komponen ini. 

Ketika rantai dan v-belt mengalami kerusakan, akan berdampak pada tarikan gas motor. Sehingga Anda harus segera melakukan pergantian begitu menemukan kerusakan pada komponen tersebut.

  • Kondisi Kepala Silinder

Komponen yang penting lainnya dalam sistem pembakaran mobil adalah kepala silinder. Fungsinya adalah menutup ruang pembakaran dan sebagai lokasi sirkulasi air pendingin. 

Adakalanya komponen ini mengalami kendala seperti menyisakan kotoran ataupun kerak yang berasal dari sisa pembakaran. Kotoran itu kemudian membuat tarikan gas motor berat.

Tidak hanya itu saja, mesin juga menjadi cepat panas. Cara mengatasinya tentu saja harus melakukan pembersihan pada komponen ini. Kerak-keraknya bisa dibersihkan dengan memakai amplas atau sekrap.

Tips untuk Merawat Mesin Motor Agar Tarikan Tetap Halus

Tak bisa dipungkiri bahwa motor menjadi salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Melansir dari catatan Kepolisian Republik Indonesia, terdata sebanyak 126,99 juta unit motor yang dimiliki masyarakat dan telah terdaftar. Jumlah ini diprediksi juga akan terus bertambah. 

Baca Juga : Alasan Memperbaiki Kendaraan Di Bengkel Suzuki

Sebab motor begitu gesit untuk menerobos kemacetan kota. Selain itu, tentu saja banyak lagi alasan lainnya yang membuat orang-orang lebih menyukai berkendara dengan motor dibandingkan dengan jenis transportasi lain.

Sebagai kendaraan yang dipakai sehari-hari, Anda harus memperhatikan kondisi mesin motor Anda. Jangan sampai terlewat untuk melakukan perawatan. Berikut ini tips agar mesin motor tarikannya senantiasa halus.

 

 

  • Rutin Memanaskan Mesin

 

Cara ini paling mudah dilakukan, Anda bisa meluangkan minimal 5 menit setiap harinya   untuk memanaskan mesin motor Anda. Lakukan pemanasan mesin ini setiap pagi. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya