Tips & Trik

7 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

PUBLISHED DATE : 17 April 2023

Pemerikasaan Komponen Motor Sebelum Mudik

Salah satu alasan pentingnya komponen motor diperiksa sebelum mudik adalah agar perjalanan terasa nyaman hingga sampai di tempat tujuan. Hal ini karena mudik adalah perjalanan yang melelahkan, terutama jika tujuannya sangat jauh.

Jika komponen motor tidak berfungsi dengan baik, maka dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Jadi, pastikan bahwa semua komponen motor Anda berfungsi dengan baik sebelum berangkat mudik.

  • Menghindari Kerusakan Motor dalam Perjalanan

Dengan melakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen penting pada motor sebelum melakukan perjalanan jauh, Anda dapat mengetahui apakah ada masalah atau kerusakan pada motor Anda.

Misalnya, memeriksa ban sebelum berangkat atau melakukan perjalanan jauh dapat membantu memastikan apakah kondisinya masih normal ataukah sudah aus. Jika sudah aus tetapi tetap dipaksakan untuk dikendarai, maka bisa saja terjadi kebocoran.

Oleh karena itu, memeriksa komponen motor terlebih dahulu dapat menghindari kerusakan pada motor di perjalanan nanti. Sehingga, perjalanan Anda tidak akan terhambat sampai di tempat tujuan.

  • Menghemat Biaya Perbaikan Jika Ada Komponen Bermasalah

Baca Juga : Aman, Ini Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil

Jika komponen motor diperiksa sebelum perjalanan mudik, hal ini dapat membantu menghemat biaya perbaikan jika ada komponen yang ternyata bermasalah. Sebab daripada melakukan perbaikan setelah rusak, lebih baik diperbaiki sebelum rusak.

Pasalnya, jika suatu komponen sudah terlanjur rusak parah, maka solusi satu-satunya adalah menggantinya dengan komponen baru, sehingga biayanya jadi lebih mahal. Jadi, agar lebih hemat, periksa dan perbaiki komponen motor Anda sebelum mudik.

  • Menjaga Kinerja Motor Tetap Optimal

Dalam kondisi normal, semua komponen pada motor umumnya bisa berfungsi dengan baik dan optimal, sehingga kinerjanya bisa maksimal saat digunakan. Namun, perjalanan jarak jauh dengan motor dapat mempengaruhi kinerja motor. 

Ini karena dalam perjalanan mudik, kondisi lingkungan berbeda-beda seperti cuaca panas, jalanan berliku, atau medan yang naik turun bisa mempengaruhi kinerja motor secara signifikan. Jadi, penting untuk memeriksa komponen motor sebelum mudik.

Jika komponen motor diperiksa sebelum mudik, Anda bisa meminimalisir berbagai masalah yang mungkin terjadi dalam perjalanan. Sebagai solusi, Anda bisa melakukan melakukan booking service  online via web atau menghubungi halo Suzuki untuk melakukan perawatan motor berkualitas di bengkel resmi Suzuki.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Proses Pembangunan Kapal

Mengupas Proses Pembangunan Kapal

Proses pembangunan kapal terdiri dari berbagai langkah yang kompleks. Untuk dapat membangun sebuah kapal yang aman dan fungsional, berbagai tahapan tersebut perlu dilakukan dengan ...

selengkapnya