Tips & Trik

7 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

PUBLISHED DATE : 17 April 2023

Pemerikasaan Komponen Motor Sebelum Mudik

Tradisi mudik di Indonesia adalah hal yang rutin dilakukan setiap kali libur panjang seperti lebaran. Jika memutuskan berangkat sendiri menggunakan motor, jangan lupa pentingnya komponen motor diperiksa sebelum mudik.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar performa motor Anda selalu terjaga selama perjalanan mudik yang panjang. Sehingga perjalanan akan terasa aman, nyaman, dan selamat sampai tempat tujuan.

Karena itu, kenali apa saja komponen motor yang wajib diperiksa dan dirawat sebelum melakukan mudik. Kemudian, pastikan untuk menerapkannya pada kendaraan Anda untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Komponen Motor yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

Jika komponen motor diperiksa sebelum mudik, hal ini bisa membantu Anda mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi saat dalam perjalanan nanti. Adapun beberapa komponen motor yang wajib diperiksa sebelum mudik adalah sebagai berikut:

  • Ban Motor

Ban motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik. Pastikan bahwa tekanan udaranya masih normal dan tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Pasalnya, tekanan udara yang tidak normal dapat mempengaruhi kinerja motor, bahkan dapat mempengaruhi keselamatan saat berkendara. Periksa juga keausan pada ban. Jika sudah aus, sebaiknya ganti dengan ban yang baru terlebih dahulu.

  • Oli Mesin

Salah satu alasan pentingnya komponen motor diperiksa sebelum mudik adalah untuk memastikan mesinnya berfungsi dengan baik. Salah satu hal yang mempengaruhi performa mesin adalah oli.

Baca Juga : Panduan Hemat Biaya Perawatan Mobil yang Efektif

Jadi, pastikan bahwa kadar oli mesin motor Anda masih cukup dan tidak terlalu rendah. Periksa juga kualitas oli mesinnya, pastikan tidak terlalu kotor atau sudah waktunya untuk diganti. Jika perlu diganti, gunakan oli yang sesuai standar pabrik.

  • Lampu Motor

Lampu pada motor juga merupakan salah satu komponen yang penting untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik. Pastikan semua lampu pada motor berfungsi dengan baik, termasuk lampu utama dan lampu sein.

Periksa juga kondisi sistem kelistrikan motor Anda, termasuk kabel lampu. Pastikan tidak ada kabel yang kendor atau rusak. Jika ada lampu yang tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya segera ganti dengan lampu baru atau perbaiki kabelnya yang rusak.

  • Rantai (CVT)

CVT (Continuously Variable Transmission) atau rantai juga wajib diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik. Pastikan bahwa rantai motor Anda masih dalam kondisi yang baik dan tidak terlalu kendor.

Pasalnya, rantai yang kondisinya tidak baik rentan putus atau terlepas. Periksa juga tensioner CVT dan pastikan masih berada dalam kondisi yang baik. Bila perlu, segera ganti rantai atau CVT yang sudah aus dengan yang baru.

  • Rem Depan dan Rem Belakang

Alasan lain terkait pentingnya komponen motor diperiksa sebelum mudik adalah untuk menjamin keselamatan. Salah satu komponen yang wajib diperiksa karena mempengaruhi keselamatan Anda saat berkendara adalah rem.

Pastikan bahwa sistem rem pada motor Anda berfungsi dengan baik tidak dalam kondisi aus. Jika cakram dan kampas rem terlalu tipis, segera ganti dengan yang baru untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

  • Aki (Accu)

Aki berfungsi sebagai sumber listrik utama bagi sebagian besar sistem elektronik pada motor, seperti lampu, klakson, sistem pengapian, hingga sistem pengisian daya. Tanpa aki yang berfungsi dengan baik, motor tidak dapat dinyalakan.

Jadi, sangat penting untuk memeriksa kondisi aki motor sebelum melakukan perjalanan jauh atau mudik. Periksa seperti apa kondisinya, pastikan muatan aki motor Anda masih mencukupi untuk melakukan perjalanan jauh.

  • Busi Mesin

Busi motor adalah salah satu komponen penting pada mesin motor yang berfungsi dalam menghasilkan percikan api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar dalam mesin motor.

Kondisi busi yang baik sangat penting untuk menjaga performa mesin motor tetap optimal dan untuk menjaga konsumsi bahan bakar. Jadi, pastikan busi motor Anda berada dalam kondisi baik dan bersih dari kotoran atau karat yang menempel.

Pentingnya Komponen Motor Diperiksa Sebelum Mudik

Setelah mengetahui komponen motor apa saja yang harus diperiksa sebelum digunakan untuk perjalanan mudik, sebaiknya pahami dulu mengapa pemeriksaan kondisi motor itu penting. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Memastikan Keselamatan Pengendara dan Penumpang

Mudik, terutama perjalanan jarak jauh, memerlukan kendaraan yang handal dan dalam kondisi prima. Jika komponen motor tidak berfungsi dengan baik, maka dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan yang fatal dan berbahaya.

Misalnya, rem yang tidak berfungsi dengan baik dapat membuat Anda kesulitan untuk mengendalikan kendaraan. Contoh lain, lampu yang tidak berfungsi dengan baik dapat membuat pengendara kehilangan arah saat berkendara di malam hari.

Oleh karena itu, memeriksa dan memastikan bahwa semua komponen motor berfungsi dengan baik sangat penting untuk keselamatan pengendara dan penumpang. Hal ini juga penting untuk menjaga keselamatan sesama pengguna jalan lainnya.

  • Meningkatkan Kenyamanan Selama Perjalanan

Salah satu alasan pentingnya komponen motor diperiksa sebelum mudik adalah agar perjalanan terasa nyaman hingga sampai di tempat tujuan. Hal ini karena mudik adalah perjalanan yang melelahkan, terutama jika tujuannya sangat jauh.

Baca Juga : Tips Efektif Menggunakan Handbrake untuk Berkendara Aman

Jika komponen motor tidak berfungsi dengan baik, maka dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Jadi, pastikan bahwa semua komponen motor Anda berfungsi dengan baik sebelum berangkat mudik.

  • Menghindari Kerusakan Motor dalam Perjalanan

Dengan melakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen penting pada motor sebelum melakukan perjalanan jauh, Anda dapat mengetahui apakah ada masalah atau kerusakan pada motor Anda.

Misalnya, memeriksa ban sebelum berangkat atau melakukan perjalanan jauh dapat membantu memastikan apakah kondisinya masih normal ataukah sudah aus. Jika sudah aus tetapi tetap dipaksakan untuk dikendarai, maka bisa saja terjadi kebocoran.

Oleh karena itu, memeriksa komponen motor terlebih dahulu dapat menghindari kerusakan pada motor di perjalanan nanti. Sehingga, perjalanan Anda tidak akan terhambat sampai di tempat tujuan.

  • Menghemat Biaya Perbaikan Jika Ada Komponen Bermasalah

Jika komponen motor diperiksa sebelum perjalanan mudik, hal ini dapat membantu menghemat biaya perbaikan jika ada komponen yang ternyata bermasalah. Sebab daripada melakukan perbaikan setelah rusak, lebih baik diperbaiki sebelum rusak.

Pasalnya, jika suatu komponen sudah terlanjur rusak parah, maka solusi satu-satunya adalah menggantinya dengan komponen baru, sehingga biayanya jadi lebih mahal. Jadi, agar lebih hemat, periksa dan perbaiki komponen motor Anda sebelum mudik.

  • Menjaga Kinerja Motor Tetap Optimal

Dalam kondisi normal, semua komponen pada motor umumnya bisa berfungsi dengan baik dan optimal, sehingga kinerjanya bisa maksimal saat digunakan. Namun, perjalanan jarak jauh dengan motor dapat mempengaruhi kinerja motor. 

Ini karena dalam perjalanan mudik, kondisi lingkungan berbeda-beda seperti cuaca panas, jalanan berliku, atau medan yang naik turun bisa mempengaruhi kinerja motor secara signifikan. Jadi, penting untuk memeriksa komponen motor sebelum mudik.

Jika komponen motor diperiksa sebelum mudik, Anda bisa meminimalisir berbagai masalah yang mungkin terjadi dalam perjalanan. Sebagai solusi, Anda bisa melakukan melakukan booking service  online via web atau menghubungi halo Suzuki untuk melakukan perawatan motor berkualitas di bengkel resmi Suzuki.

Berita Lainnya

Suzuki New Xl7 Hybrid

Fitur Keselamatan New XL7 Hybrid

New XL7 Hybrid hadir dengan menawarkan berbagai keunggulan yang bisa menemani perjalanan Anda. Selain fitur kenyamanan, berbagai fitur keselamatan juga dimiliki oleh mobil keluaran...

selengkapnya