Tips & Trik

7 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

PUBLISHED DATE : 17 April 2023

Pemerikasaan Komponen Motor Sebelum Mudik

Pastikan bahwa sistem rem pada motor Anda berfungsi dengan baik tidak dalam kondisi aus. Jika cakram dan kampas rem terlalu tipis, segera ganti dengan yang baru untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

  • Aki (Accu)

Aki berfungsi sebagai sumber listrik utama bagi sebagian besar sistem elektronik pada motor, seperti lampu, klakson, sistem pengapian, hingga sistem pengisian daya. Tanpa aki yang berfungsi dengan baik, motor tidak dapat dinyalakan.

Jadi, sangat penting untuk memeriksa kondisi aki motor sebelum melakukan perjalanan jauh atau mudik. Periksa seperti apa kondisinya, pastikan muatan aki motor Anda masih mencukupi untuk melakukan perjalanan jauh.

  • Busi Mesin

Busi motor adalah salah satu komponen penting pada mesin motor yang berfungsi dalam menghasilkan percikan api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar dalam mesin motor.

Kondisi busi yang baik sangat penting untuk menjaga performa mesin motor tetap optimal dan untuk menjaga konsumsi bahan bakar. Jadi, pastikan busi motor Anda berada dalam kondisi baik dan bersih dari kotoran atau karat yang menempel.

Pentingnya Komponen Motor Diperiksa Sebelum Mudik

Baca Juga : Tips Penting! 7 Cara Merawat Cat Mobil Agar Tidak Kusam

Setelah mengetahui komponen motor apa saja yang harus diperiksa sebelum digunakan untuk perjalanan mudik, sebaiknya pahami dulu mengapa pemeriksaan kondisi motor itu penting. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Memastikan Keselamatan Pengendara dan Penumpang

Mudik, terutama perjalanan jarak jauh, memerlukan kendaraan yang handal dan dalam kondisi prima. Jika komponen motor tidak berfungsi dengan baik, maka dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan yang fatal dan berbahaya.

Misalnya, rem yang tidak berfungsi dengan baik dapat membuat Anda kesulitan untuk mengendalikan kendaraan. Contoh lain, lampu yang tidak berfungsi dengan baik dapat membuat pengendara kehilangan arah saat berkendara di malam hari.

Oleh karena itu, memeriksa dan memastikan bahwa semua komponen motor berfungsi dengan baik sangat penting untuk keselamatan pengendara dan penumpang. Hal ini juga penting untuk menjaga keselamatan sesama pengguna jalan lainnya.

  • Meningkatkan Kenyamanan Selama Perjalanan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Blog 20 (1) (1)

Mempelajari Kinerja AC Mobil

Di tengah cuaca yang panas seperti saat ini, rasanya tidak mungkin bisa jika kita berkendara tanpa menghidupkan AC (air conditioner) terutama pada siang hari. AC merupakan komponen...

selengkapnya