Tips & Trik

7 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

PUBLISHED DATE : 17 April 2023

Pemerikasaan Komponen Motor Sebelum Mudik

Ban motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik. Pastikan bahwa tekanan udaranya masih normal dan tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Pasalnya, tekanan udara yang tidak normal dapat mempengaruhi kinerja motor, bahkan dapat mempengaruhi keselamatan saat berkendara. Periksa juga keausan pada ban. Jika sudah aus, sebaiknya ganti dengan ban yang baru terlebih dahulu.

  • Oli Mesin

Salah satu alasan pentingnya komponen motor diperiksa sebelum mudik adalah untuk memastikan mesinnya berfungsi dengan baik. Salah satu hal yang mempengaruhi performa mesin adalah oli.

Jadi, pastikan bahwa kadar oli mesin motor Anda masih cukup dan tidak terlalu rendah. Periksa juga kualitas oli mesinnya, pastikan tidak terlalu kotor atau sudah waktunya untuk diganti. Jika perlu diganti, gunakan oli yang sesuai standar pabrik.

  • Lampu Motor

Lampu pada motor juga merupakan salah satu komponen yang penting untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik. Pastikan semua lampu pada motor berfungsi dengan baik, termasuk lampu utama dan lampu sein.

Baca Juga : Mengatasi Masalah Pada Kendaraan Ketika Musim Hujan

Periksa juga kondisi sistem kelistrikan motor Anda, termasuk kabel lampu. Pastikan tidak ada kabel yang kendor atau rusak. Jika ada lampu yang tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya segera ganti dengan lampu baru atau perbaiki kabelnya yang rusak.

  • Rantai (CVT)

CVT (Continuously Variable Transmission) atau rantai juga wajib diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik. Pastikan bahwa rantai motor Anda masih dalam kondisi yang baik dan tidak terlalu kendor.

Pasalnya, rantai yang kondisinya tidak baik rentan putus atau terlepas. Periksa juga tensioner CVT dan pastikan masih berada dalam kondisi yang baik. Bila perlu, segera ganti rantai atau CVT yang sudah aus dengan yang baru.

  • Rem Depan dan Rem Belakang

Alasan lain terkait pentingnya komponen motor diperiksa sebelum mudik adalah untuk menjamin keselamatan. Salah satu komponen yang wajib diperiksa karena mempengaruhi keselamatan Anda saat berkendara adalah rem.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya