Tips & Trik

5 Masalah Speedometer Digital yang Sering Terjadi Pada Motor

PUBLISHED DATE : 24 April 2023

Speedometer Digital Bermasalah

 

  • Hindari Parkir di Tempat Terbuka dan Terpapar Sinar Matahari

 

Seperti yang telah Anda ketahui jika model motor dengan speedometer yang dilapisi layar LCD sangatlah rentan terbakar sinar matahari.

Oleh karenanya, Anda perlu menghindari tempat parkir yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Dengan begitu Anda dapat menghindarkan LCD terbakar oleh sinar matahari dan membuatnya bertahan lebih lama.

Namun, jika hanya ada tempat parkir terbuka yang tersedia dan Anda terpaksa memarkirkannya di sana, ada baiknya jika Anda telah melapisinya dengan lapisan film.

Hal itu akan membantu layar LCD menahan sengatan sinar matahari. Melapisi LCD speedometer dengan lapisan film adalah tips yang bisa Anda terapkan. Anda bisa menggunakan plastik film dengan warna gelap, biru, atau hijau.

 

  • Melakukan Perawatan Rutin dan Mengontrol Tegangan Aki Pada Motor

 

Aki atau baterai pada motor adalah komponen krusial yang harus selalu Anda kontrol. Karena apabila aki mengalami kerusakan hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja speedometer pada motor Anda. 

Baca Juga : Tips Perawatan Kunci Setir Mobil

Karena jika Aki memiliki tegangan yang tidak stabil ini akan membuat tombol yang ada pada speedometer tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga ketika Anda ingin mengatur sesuatu pada speedometer, tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karenanya, sebelum aki Anda mengalami kerusakan dan mempengaruhi komponen lain pada motor segera perbaiki atau ganti.

Perlu Anda tahu jika tegangan pada aki yaitu 12,6 Volt engine on dan 12 Volt engine off. Karena komponen satu ini yang kerap mengalami kerusakan, Anda perlu lebih memperhatikan perawatannya.

 

  • Ganti Oli Motor Tepat Waktu

 

Oli berperan sebagai pelumas di motor. Apabila Anda tidak menggantinya tepat waktu, hal ini akan membuat mesin pada motor tidak terlumasi dengan baik. 

Hal tersebut juga dapat mempengaruhi kinerja kabel pada motor. Di mana hal itu juga akan berdampak pada speedometer motor Anda. Apabila kabel motor mengalami kendala, tentu speedometer juga akan mengalami kendala dalam kinerjanya.

Pastikan Anda mengganti oli motor secara rutin, jangan biarkan oli motor sampai kering karena hal itu akan membuat komponen motor Anda yang lain akan sangat cepat rusaknya.

Itulah tadi masalah dan cara perawatan untuk speedometer digital pada motor Anda.  Jangan lupa segera periksa speedometer digital anda jika mengalami permasalahan di bengkel resmi Suzuki. Jadwalkan service anda melalui website dengan cara melakukan isi form di laman booking service

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya